Maharah Qiroah dalam Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.992Keywords:
Maharah Qiroah, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Komunikatif, Strategi Pengajaran, Teknologi DigitalAbstract
Maharah Qiroah (kemampuan membaca) merupakan salah satu keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa Arab,yang memainkan peran penting dalam memahami teks-teks Arab untuk tujuan akademik, keagamaan, ataukomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan,metode, dan strategi yang efektif dalam pengembangan maharah qiroah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengajaran keterampilan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan literatur, mengkaji berbagai literatur terkait teori pembelajaran bahasa Arab dan praktik pengajaran qiroah. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan komunikatif, strategi pengajaran berbasis teks,dan pemanfaatan teknologi digital dapatsignifikan meningkatkan keterampilan qiroah. Namun, tantangan seperti kurangnya motivasi siswa dan keterbatasan sumber belajar autentik tetap menjadi hambatan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan bahan otentik dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan pengajaran maharah qiroah.
Downloads
References
Akmali, Afifah, Cahyani, Dewi, Narita. “ Strategi Pembelajaran Jigsawa Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah”. Jurnal disajikan dalam Konferensi Nasional Bahasa Arab VII Malang, 2021.
Al-Khuli, M. A. (2000). Asalib Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah. Kairo: Dar al-Fikr.
Azhar Arsyad, 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. (Yogyakarta. Pustaka Pelajar.)
Djamaluddin, Ahdar dan Wardana, Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. 2016. Hasibuan, M. Idrus. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Jurnal Ilmu – Ilmu Pendidikan dan Sains, (2014), Vol 11/1.
Djamaluddin, Ahdar dan Wardana, Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. 2016.
Hermawan, A. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
Idrus Hasibuan. “Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning).” Logaritma, no. 1 (2014): 1–12. https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.214.
Ishak, Mustika, Dina. Fitriyanti, Nur, Efi, dan Azizah, Imroatul.” Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Pemahaman Budaya Arab”. Artikel Disajikan dalam Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV, Hmj Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, 2020.
Iza Zainal Ambiya dan Sofyan Sauri, 2025. Membangun Kemahiran Bahasa Arab, peran kompetensi guru dalam meningkatkan pengajaran dan pembelajaran, greenbook publish,
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Humaniora. 2011.
Khoirurrujal dan Kholis Amrullah, 2023. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. (Malang. Literasi Nusantara Abadi.)
Mulyassa. “Manajemen Pendidikan Karakter”, Jakarta : Bumi Aksara, 2016. Effendy, A. F. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab cetakan ke-7. Malang: MISYKAT Malang, 2017.
Mutmainnah, Azzahra, Fatimah. ”Pendidikan Bahasa Arab: Model Pembelajaran Kontekstual (CTL).” Pendidikan Bahasa Arab (blog), Rabu, Oktober 2015. (https://fatimahazzahramutmainnah.blogspot.com/2015/10/model-pembelajarankontekstual-ctl.html).
Naifah.”Teratai (Terampil Atur Nilai) -Metode Pembelajaran Bahasa Arab Efektif Aplikatif “. Banten: Pustaka
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Rizky Putra. 2012. Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset), 2015.
Sherly Octaviana Putri dan Nadia Sasmita, 2018 . factor yang mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa, Jurnal fakutas Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, 1995. Metodologi Pengajaran Agama Dan Baḥasa Arab,
Wahab, M. A. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 45-60.
Zalili Sailan dan sakkaHasan, 2019. ihwal Metodologi Penelitian Bahasa, Cita Intrans Selaras, Malang
Zulhannan, 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, (Jakarta: Rajawali Pers,)
Mukhtar, M.Ilham. “ Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, (2017), Vol 1/1.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.





