Pola Asuh Santriwati dalam Membina Akhlakul Karimah di Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren As-Salam Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Authors

  • Watini Zaitun Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ana Rosyidatu Umatin Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i1.482

Keywords:

Pola Asuh, pengasuh, akhlakul karimah

Abstract

Penelitian ini tentang pola asuh santriwati dalam membina akhlakul karimah di Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren As-Salam Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Kajian teoretik dalam penelitian ini ialah: Pola asuh dan akhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data berupa catatan lapangan, dokumentasi, rekaman audio dan video serta foto atau gambar. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data melalui analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Uji keabsahan data dilakukan dengan beberapa tekhnik yang umum digunakan dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pola asuh yang diterapkan di LPI Pondok pesantren As-Salam dalam membina akhlakul karimah adalah pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permissif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa akhlak santriwati di LPI pondok pesantren As-Salam Rimbo bujang sudah cukup baik, hanya saja sebagian kecil masih ada yang belum sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist sebagaimana yang telah diarahkan oleh pengasuhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Jauhari, “Pembinaan Akhlak Santri Putra di Pondok Pesantren” (Skripsi, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta, 2010).

Ahmad Zainudin dan Muhammad Jamhari, Al-Islam 2: Muamalah dan Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia, 1999.

Aidil Syahfitra, “Internalisasi Nilai-nilaiAkhlakul Karimah dalam Kehidupan Sehari-hari”, dalam Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, 2019.

Almumayyaz, , Alquran Tajwid Warna Transliterasi Perkata Terjemah Perkata. Kota Bekasi, Jawa Barat: Cipta Bagus Segera, 2014.

Ari Jatiningrum, “Pola Pembinaan Akhlak Santriwati di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta” (Skripsi, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta, 2010).

Bety Bea Septiani, Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang tua. Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.

Elmanora, dkk, “Gaya Pengasuhan dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Sekolah pada Keluarga Petani Kayu Manis”, dalam Jurnal Ilmu, Keluarga dan Konseling, Vol.5, No. 2, 2012.

Hamid Patilima, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Iin Tri Rahayu, “Pola Pengasuhan Islami Sebagai Awal Pendidikan Kecerdasan Emosional” http://psikologi.uin-malang.ac.id.

Imam Syafi’i, “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter”, dalam Al-Tazkiyyah Jurnal pendidikan Islam, vol. 8, No. 1, 2017.

Ina Ambarwati, “Pola Asuh dan Pembentukan Santri di Pondok Pesantren” dalam Journal Of Islamic Guidance and Counsling, vol. 2, no. 1 Juni 2018.

Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: CV. Pustaka Jaya Ilmu, 2014.

Kumparan, “Manfaat Terapkan Pola Pengasuhan Positif Bagi Orang Tua.” http://kumparan.com.

Miswanto, “Upaya Pesantren dalam Membentuk Karakter Anak di Salafiah Ula Islamic Centre” (Skripsi, Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012).

M. Thalib,” Pola Asuh Orang Tua: Perspektif Konseling dan Alquran”, dalam Jurnal Hunafa, Vol. 4, No. 4, 2007.

Muhammad Zaki, “Pendidikan Pesantren dan Peradaban Islam di Indonesia’’ dalam Jurnal El-Banat Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. II, no. 1, 2012.

Mukhtar, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Armico, 2010.

Mustafa, Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 1995.

Rida Nurhayanti.dkk, “Tipe Pola Asuh Orang Tua yang berhubungan dengan perilaku bullying di SMA Kabupaten Semarang”, dalam Jurnal Keperawatan Jiwa, Vol.1, No.1, 2013.

Rosihon Anwar, Akidah Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia, 1999.

Syaiful Bahri Djamarah, Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014.

Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2002.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: CV. Alfabeta, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R & D Bandung: CV. Alfabeta, 2006.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, Sesudah Amandemen I-IV, Surakarta: CV Seti-Aji, t.t.

Downloads

Published

2023-04-16

How to Cite

Zaitun, W., & Umatin, A. R. (2023). Pola Asuh Santriwati dalam Membina Akhlakul Karimah di Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren As-Salam Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 1(1), 91–115. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i1.482