Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Visualization Auditori Kinestetik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Nurul Khoiriyah Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i2.1104Keywords:
Pembelajaran berbasis visualization auditori kinestetik, Motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan: 1) bagaimana pelaksanakan pembelajaran berbasis VAK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi SKI di Kelas VIII MTs. Nurul Khoiriyah; 2) Apa kendala dan 3) apa upaya yang dilakukan guru SKI dalam maksimalisasi pembelajaran berbasis VAK guna meningkatkan motivasi siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif geskriptif jenis studi kasus, hasil penelitian ini mengungkap bahwa pembelajaran berbasis Visualization Auditori Kinestetik (VAK) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan: 1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis visualization auditori kinestetik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi sejarah kebudayaan Islam, maka guru bidag studi SKI melakukan: a) Persiapan pembelajaran berbasis VAK secara matang dengan cara, mengidentifikasi tujuan materi, memilih materi yang tepat dan menyiapkan sumber belajar; b) Melaksanakan langkah-langkah pembelajaran berbasis VAK yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara, menyajikan materi ajar dengan media visual melalui video, dan media audio melalui rekaman suara serta menyajikan materi ajar kinestetik dalam bentuk aktifitas fisik serta melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran, 2) Faktor penghambat yang dihadapi guru bidang studi sejarah kebudayaan Islam pada pelaksanaan pembelajaran berbasis VAK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu:a) Minimnya ketersediaan media visual dan audio yang siap pakai, b) minimnya pengalaman aktifitas kinestetik siswa; c) kesulitan membangun kolaborasi dengan guru bidang sudi lain; 3) Upaya maksimalisasi yang dilakukan oleh guru bidang studi sejarah kebudayaan Islam pada pelakanaan pembelajaran berbasis VAK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: a) Bekerjasama dengan operator madrasah dalam mendesain media visual dan audio; b) Bekerja sama dengan sesama guru dalam melatih aktifitas kinestetik siswa, c) Meningkatkan partisipasi kolaborasi guru bidang studi serumpun dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis vizualitation auditori kinestetik
Downloads
References
Al Qur’an dan Terjemahanya (Jakarta: Kemenag RI, 2018)
Abdul Mukti Arza, Penerapan Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Keterampilan Pengamatan Tentang Magnet pada Siswa Kelas VI SDN Bringin 02 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023, (Semarang: Skripsi tidak di terbitkan, 2023)
Afifudin, Psikologi Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar (Solo: Penerbit Harapan Massa, 2020)
Agus Suprijono.. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2021)
Anton Rianto, Born to Win: Kunci Sukses yang Tak Pernah Gagal (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2021)
Aris Shoimin, Model Pembelajaran Inovatif, (Yogyakarta : Media, 2019)
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka CIpta, Cet-4, 2010)
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan RI, Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas (Jakarta: Dinas Pdan K, 2005)
Elida Priyitno, Motivasi dalam Belajar (Jakarta: P2LPTK, 2023)
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya (Jakarta: Bumi Aksara, 2020)
Hariyanto dan Suyono, Belajar dan Pembelajaran (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2022)
Jhon W. Santrock, Adolescence (Jakarta: Erlangga, 2018)
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2020)
Miftahul Husa. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2020), 72. Sri Sulistyorini. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapan. (Yogyakarta : Tiara Wacana, 2019),
Mulyadi Psikologi Pendidikan (Malang: Sunan Ampel Press, 2019)
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar ( Jakarta : Remaja Rosdakarya 2020)
Popi Sopiatin dkk, Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam (Bogor : Ghalia Indonesia, 2019)
Ramayulis, Psikologi Agama (Jakarta: Kalam Mulia, 2020)
Ricki Linksman, Cara Belajar Cepat ( Semarang : Dahara Prize, 2024)
Robert Steinbach, Succesfull Lifelong Learning, terj. Kumala Insiwi Suryo (Jakarta : Victory Jaya Abadi, 2020)
Rohani, Pengelolaan Pengajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2019).
Samidjo Mardiani, Bimbingan Belajar (Bandung: Armico, 2021)
Sardiman AM., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Press, 2020)
Sofian Mustafa, Peningkatan Keterampilan Pengamatan perubahan wujud benda Melalui Metode demontrasi pada Siswa Kelas VII SDN Turi 2 Kota Blitar Tahun Ajaran 2021/2022, (Blitar: Skripsi tidak di terbitkan, 2022)
Sri Sulistyorini. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapan. (Yogyakarta : Tiara Wacana, 2019)
Suparman S., Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa ( Jogjakarta : Pinus Book Publisher, 2020)
Suparman S., Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa, 68-69.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2021)
Tadjab, Ilmu Pendidikan (Surabaya: Karya Abditama, 2012)
W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran (Jakarta: Gramedia, 2021)
Wahab Rohmalina, Psikologi Belajar (Jakarta : Grafindo Persada,2021)
Winarno Surachman, Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Angkasa Prima, 2021)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







