Pelaksanaan Apersepsi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Man 3 Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i1.479Keywords:
Apersepsi, Minat, Belajar, FikihAbstract
Pengaruh apersepsi akan terasa saat minat siswa terhadap suatu mata pelajaran kurang. Karena minat yang kurang bisa disiasati dengan metode penyampaian materi dengan tepat pula. Pengaruh apersepsi terhadap minat peserta didik diharapkan bisa memberikan efek baik agar siswa lebih mudah memahami materi, terlebih pada mata pelajaran fikih. Fikih merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang diajarkan di sekolah. Pokok bahasan fikih adalah tentang hukum Islam. Ditemukan masalah melalui observasi pada awal pembelajaran Fikih di kelas ada siswa yang memilih mengerjakan soal mata pelajaran sebelumnya dari pada mengikuti proses pembelajaran Fikih dan ada juga siswa yang mengobrol dengan temannya selama pembelajaran Fikih berlangsung di kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualititatif. Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Downloads
References
Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran: Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta, 2015
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Jakarta. Rineka Cipta 2012
Djaali, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2016
Muh. Azhar Farih. “Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fikih Materi Hewan Halal dan Haram melalui Model Pembelajaran Picture to Picture (PTP) Kelas VIII MTs NU 01 Tarub Tegal” (Jurnal, IAIN Walisongo, 2014).
Muhammad Abdul Mushawwir. “Studi Tentang Keterampilan Guru dalam Melaksanakan Apersepsi pada Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar” (Jurnal, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar).
Munif Chatib, Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa, 2011
Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Satria. “Peran Guru Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir” (Jurnal, Program S1 UIN Raden Fatah Palembang, 2017).
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2002
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.
Supriyadi. Strategi Belajar Mengajar. Yokyakarta: Cakrawala Ilmu, 2015.
Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MUTAADDIB : Islamic Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.