Kompetensi Pedagogik Guru Bidang Studi Fiqih dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual (Iq) Siswa di Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Mujawwidin Kabupaten Tebo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i1.481Keywords:
kompetensi pedagogik, kecerdasan intelektualAbstract
Masalah yang kami temukan di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Raudhatul Mujawwidin Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, penulis melihat hasil pembelajaran atau hasil ujian tengah semester Mata Pelajaran Fikih anak kelas 8 di semester 2 ini banyak yang tidak tuntas sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan oleh sekolah. Dari 32 siswa kelas 8 hanya 7 siswa yang mendapatkan nilai tuntas. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang berpengaruh pada proses pembelajaran diantaranya adalah implementasi kompetensi pedagogik guru pada proses pembelajaran yang belum maksimal. Karna terlihat ada beberapa anak yang ribut ketika belajar, tidak memperhatikan selain itu juga metode pembelajaran yang didominasi dengan metode ceramah sehingga membuat anak jenuh sehingga pemahaman yang anak dapatkan kurang maksimal. Transfer ilmu yang kurang efektif berimbas pada ketidaktuntasan hasil belajar. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan kompetensi pedagogik guru bidang studi fikih dalam meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ) siswa, mengetahui Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan kompetensi dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru bidang studi fikih dalam memaksimalkan kompetensi pedagogik guna meningkatkan kecerdasan intelektual siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Mujawwidin Kabupaten Tebo. Sedangkan Metode yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan hasil penelitian menunjukkan mengoptimalkan kompetensi pedagogik guru bidang studi fikih dapat meningkatkan kecerdasan intelektual siswa. Dari data hasil ujian sebelum dan sesudah penelitian nilai siswa relatif meningkat.
Downloads
References
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: Cordoba,2018)
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung :Remaja Rosdakarya, 1994).
David M. Yusuf, Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Intruksional, (Bandung: Sarana Panca Karya, 1990).
E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).
Jejen Muafah, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Belajar Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik (Jakarta: Kencana, 2011).
Marsuki, “IQ-PGM Kualitas Kecerdasan Intelektual Generasi Pembaharu.” https://bukuherbalis1.blogspot.com/2019/01/download-buku-pdf-iq-gpm-kualitas.html Diakses pada 26 April 2019.
Nur Irwanto dan Yusuf Suryana. Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan dan Penilaian Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulim Nasional (Surabaya: Genta Group Production, 2016).
Oemar Hamalik, Proses Belajar Menngajar (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2015).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MUTAADDIB : Islamic Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.