Meningkatkan Kemampuan Seni Anak Dengan Bermain Alat Musik Marakas Pada Anak Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Khadijah Sungai Buluh Indah Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i2.791Keywords:
Kemampuan Seni Anak, Bermain, Alat Musik MarakasAbstract
Kemampuan Seni Anak di Paud Khadijah Bungo masih tergolong rendah, ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya banyak anak yang kurang tertarik dengan kegiatan seni, Adapun yang menjadi penyebab rendahnya keterampilan seni pada anak yaitu karena guru masih kurang dalam melatih seni dan kurang membangun kreatifitan kepada anak, di dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari guru hanya memberikan buku dan pewarna saja sehingga anak kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. penulis mengajukan salah satu alternative yang dapat meningkatkan keterampilan seni pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Seni Anak melalui bermain alat musik marakas di PAUD Khadijah, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut Classroom Action Research. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan siklus II maka dapat penulis simpulkan bahwa bermain alat musik marakas dapat mengembangkan seni anak pada kelompok B Paud Khadijah. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan seni anak, anak didik yang berkembang sangat baik/BSB pada siklus I pertemuan 1 & II persentasenya 58,4%, kemudian pada siklus II pada pertemuan ke-1 & II persentase nya 83,3%.
Downloads
References
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Ash-Shadiq), Surakarta: Ziyad Books, 2017.
Alimuddin, J. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Saran Mendidik. II(2). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/732/609
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Aulia, Agvely dkk. “Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini “, Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 6 No. 01, Juni 2022.
Banks, James A. (2006). Race, culture, and education; the selected work of James A. Banks. Multicultural Edition I. London and New York: Rouledge, Taylor and Francis Group
Desyandri. “Peran Musik Dalam Pendidikan Multikultural”, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Volume 2 Nomor 1, 2014.
Emilia, Siti dkk. “Penerapan Bermain Musik Perkusi Untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B TK Al-Huda Kerten Tahun Ajaran 2013/2014”, Vol. 2 No. 2, 2014.
Fudin, Ari Opan. Konsep Dasar Anak Usia Dini, Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.
Hardani dkk. “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”, Yogyakarta: CV pustaka Ilmu, 2020.
Hartina, Ayu Sri. Ptk-Verifikasi Datahttp://mybestblogsaddress. com/ptk penelitian-tindakankelas. Diakses pada tanggal pada tanggal 30 November 2023.
Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya: Pustaka Media Guru, 2021.
Latif, Mukhtar. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Group, 2013.
Maimunah, Hasan. Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: Diva Press, 2009.
Marsela, Anggela W. Aru, Seni Musik, E-Modul: SMAK ST. Ignatius Loyola Labuan Bajo, 2018, Kementrian Pendidikan dan Kebudaayan.
MA Al-Hikmah Bandar Lampung, “6 Kedudukan Dalam Islam”, https://www.maalhikmah-bdl.com/read/6/6-kedudukan-anak-dalam-islam. Diakses pada tanggal, 24 Maret 2021.
Nasution, Armayanti Raisah.” Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini”, Raudhah, Vol. IV, No. 1: Januari – Juni 2016.
Nurcahyati, & Mayar. “Efektivitas Permainan Alat Perkusi Marakas Dalam Meningkatkan Kemampuan Seni Musik Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Kecamatan Koto Vii Kabupaten Sijunjung”, Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, Vol 4 No (2), 2022.
Novita, Mona. PTK Tidak Horor: Memulai PTK, Surabaya: Pustaka Media Guru, 2018, Cet. 1.
Patrus, Redy Petrus Jaya, “Pengolahan Hasil Penilaian PAUD”, Jurnal Lonto Leok, vol.2, no.1, Tahun 2019.
Raharjo, Bian Itot dan Inaroh, Sholichatun. “Pengunaan Media Marakas Pinguin Dalam Meningkatkan Keterampilan Pola Ritmis Anak Usia Dini”, Oktober 2018.
Rahmawati, Yeni & Kurniati, Euis. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: kencana, 2011.
Ramdhani, Sandy dkk. “Maracas, Alat Musik Untuk Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini”, Jurnal Seni Pertunjukkan, Universitas Hamzanwhadi, Vol. 2, No. 2, Juni 2020.
Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Tanujaya, Benidiktus & Mumu, Jeinne. PTK: Tindakan Dalam PTK, Yogyakarta: media akademi 2016.
Toyba, Wali kelas B PAUD KHADIJAH Sungai Buluh Indah, Wawancara di Bungo, 06 Desember 2023
Wayan, Mertayasa. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Denpasar: Jaya pangus Press, 2018.
Wijaya, G., Herlina, M., Olivia, S., & Suhardjono, S. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Yayasan Bina Anak Mandiri Bekasi. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 11(2).
Yusuf, Metode Penelitian, Jakarta: Kencana, 2017.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.