Meningkatkan Pemahaman Sains Anak Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar pada Kelompok B Paud Az-Zahra, Desa Teluk Kayu Putih, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i1.792Keywords:
Pendekatan Eksplorasi, Peningkatan Pemahaman Sains AnakAbstract
Hasil peningkatan pemahaman sains anak melalui pendekatan eksplorasi terhadap lingkungan sekitar di Kelompok B Paud Az-Zahra, Desa Teluk Kayu Putih, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo, menunjukkan kemajuan yang signifikan. Anak-anak menjadi lebih mampu mengamati dan memahami perbedaan antara tumbuhan berkayu dan tidak berkayu, serta mampu memberikan alasan terkait konsep sederhana tentang fungsi dan karakteristik tumbuhan tersebut. Kemampuan mereka untuk bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan hasil pengamatan juga berkembang sesuai harapan. Selain itu, keterlibatan aktif dalam kegiatan seperti menggambar dan membuat kerajinan menunjukkan peningkatan pada aspek fisikomotorik dan kognitif anak. Secara keseluruhan, pendekatan ini berhasil meningkatkan pemahaman sains anak dengan baik.
Downloads
References
Abdurrahman, Guru Sains Sebagai Inovator Merancang Pembelajaran Sains Inovasi Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Pustaka, 2020.
Adelsberger, Heimo, H. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava, 2010.
Ayu, Sri, Hartina, Ptk-Verifikasi Data http://mybestblogsaddress. com/ptk penelitian-tindakan-kelas. Diakses pada tanggal pada tanggal 05 Januari 2024.
Benidiktus Tanujaya & Jeinne Mumu, PTK: Tindakan Dalam PTK. Yogyakarta: media akademi 2016.
Darmo, Sihadi, Wihardjo, “Model Pendidikan Sains Berbasis Pengenalan Lingkungan Bagi Anak Usia Dini”. Banten: AA Rizky, 2020.
Fried, George H., & George J, Hademenos, Biologi Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga, 2014.
Hardani dkk, “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.
I.T. Shoti, Meningkatkan pengetahuan sains pada anak melalui pendekatan eksplorasi lingkungan dengan bercocok tanam sayur di PAUD Al-Fattah Kota Bengkulu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 Maret 2020.
Ina, Ai, Marlina, Nia Nuraida, dan Soni Samsu Rizal, “Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Untuk Anak Usia Dini,” Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4, no. 1, 4 Maret 2020.
Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas,, prinsip dan praktik instrumen pengumpulan data. Surabaya : Pustaka Media Guru, 2019.
Jamaris, Martini, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak., Jakarta: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. UNJ, 2016.
Kementerian Agama RI, Alquran dan Terjemahannya, Jakarta : Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran, 2017.
Masitoh, dkk, Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2015.
Mona Novita, PTK Tidak Horor: Memulai PTK,, Surabaya: Pustaka Media Guru, 2018.
Nindya Alifian, Meningkatkan Pengetahuan Sains melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Tema Binatang Kelompok B-1 Semester I I, Jurnal, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2 Desember 2023.
Poedjiadi, Anna, Dasar-Dasar Biokimia, Jakarta: UI-Press, 2015.
Redy, Petrus. Patrus Jaya, Pengolahan Hasil Penilaian PAUD, Jurnal Lonto Leok, vol.2, no.1, Tahun 2019.
Samatowa, Usman, dan Ridwan Abdullah Sani, Metode Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Edisi Revisi,, Tangerang: Tira Smart, 2019.
Setyowati, Indri, Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Pembelajaran Eksplorasi Lingkungan. Vol. 5, 2022: SEMDIKJAR 5, 2022.
Suyadi, Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pedagogia, 2014.
Yuliani, Sujiono. N dkk., Metode Pengembangan Koqnitif , Jakarta: Universitas Terbuka, 2017.
Yusuf, Metode Penelitian, Jakarta: Kencana, 2017.
Zainal Aqib, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya, 2019.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.