Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo

Authors

  • Lusi Andriani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • siti Khamim Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Mawaddah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i2.641

Keywords:

Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Profesional

Abstract

Bedasarkan latar belakang masalah serta fokus penelitian yang telah diuraikan, maka peneliti menetapkan masalah yang diteliti yaitu kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional, kendala kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional, dan usaha meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kabupaten Tebo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja, kendala, serta untuk mengetahui usaha meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research). Berdasarkan analisis data penulis menemukan bahwa  kinerja guru Pendidikan Agama Islam sudah cukup bagus, mampu menguasai materi pembelajaran dan memahami karakter siswa-siswinya, guru juga membuat perangkat pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, walaupun masih ada kendala dalam pembelajaran yaitu masih ada siswa yang ribut tetapi itu bisa cepat diatasi oleh guru. Sekolah juga sudah membuat program seperti sholat berjama’ah, kuliah tujuh menit (kultum), mengikuti seminar, dan bertukar fikiran atau musyawarah guru mata pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah T, Nur. “Perbedaan Persepsi Kinerja Guru PNS dan Non PNS Pada Sekolah Dasar Negeri di Desa Saotengnga Kabupaten Sinjai” (Skripsi, Program Gelar Sarjanah Pendidikan UIN Alauddin Makassar, 2017).

Susanto, Heri. Profesi Keguruan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. 2020. cet. 1.

Utami, Sheila Hentri, et.al., “Kinerja Guru Tidak Tetap Dan Efektivitas Pembelajaran”. dalam Didaktika Jurnal Kependidikan. Vol. 14, No. 1, 2020.

Suparti, Tinuk dan Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Terhadap Kinerja Guru”. dalam Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol. 8. No. 2. Oktober 2021.

Alamsah, Dwiki. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Honorer Di Sekolah Dasar Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar” (Skripsi. Guna Mengikuti Ujian Skripsi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020).

Ariputri, Renita. “Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Dalam Jaringan Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone” (Skripsi. Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar. 2021).

Saidah. “Kinerja Guru Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung”. (Skripsi. Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan UIN Raden Intan Lampung. 2018).

Rusmiyasih, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru PAI Tersertifikasi Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Se-Kecamatan Nogosari” (Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana, 2020).

Uzer Usman, Moh. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2017. cet. 29.

Afriani Sulhabar, Suci. “Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar”. (Skripsi. Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. 2019).

Tri Herlambang, Yusuf. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara. 2022. cet. 2.

Ulfah Hoesny, Mariana dan Rita Darmayanti. “Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka.” dalam Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 11. No. 2. Mei 2021.

Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara. 2019. cet. 1.

Mariana. “Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Di MA Rahmatullah Kabupaten Musi Rawas (Analisis Kompetensi Pedagogik).” dalam al-Bahtsu Vol. 7 No. 2. Desember 2021.

Hatta, M. Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. 2018. cet. 1.

Saputra Napitupulu, Dedi. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama. 2020. cet. 1.

Hari Utami, Indah dan Hasanah Aswatun. “Kompetensi Professional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download. Diakses pada tanggal 26 februari 2023.

Turnando, Inggi. “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas Di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu” (Skripsi. Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Bengkulun 2019).

Athoillah, Habib. “Kompetensi Profesional Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Malang Dan Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Malang” (Tesis. Program Megister Pendidikan Islam Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2019).

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Andriani, L., Khamim, siti, & Mawaddah. (2023). Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 1(2), 1–25. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i2.641