Dampak Penyalahgunaan Media Sosial Terhadap Pembelajaran Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Authors

  • Mu’alimin Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Alrudi Yansah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Rodhiyah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i2.829

Keywords:

Dampak penyalahgunaan, media sosial, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penyalahgunaan media sosial di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskripsi, artinya yaitu penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang dampak penyalahgunaan media sosial terhadap pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo yaitu : Mengantuk di kelas, Pengaruh Lingkungan Buruk, dan Kecanduan. Dan karena dampak itu siswa jadi malas dan sering terlambat masuk ke kelas. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka peneliti menyimpulkan bahwa dampak penyalahgunaan media sosial di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo yaitu mengakibatkan siswa Mengantuk di kelas, pengaruh lingkungan buruk dan kecanduan. Dan strategi guru dalam mengatasi dampak tersebut ialah melakukan pendekatan, melakukan pemeriksaan dan memberikan arahan dan bimbingan. Dan hambatan guru dalam mengatasi nya ada tiga yaitu Kurang nya sarana dan prasarana, kurang nya dukungan orang tua dan pengaruh lingkungan luar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrof Syafi’i, ESQ dan Pengaruh Negatif Pada Remaja:Tuluanggung: Press, 2008.

Direktorat Bina Ketahanan Remaja, “Dampak Pernikahan Dini di Desa Margamulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rakan Hulu”.

Djam’an Satori. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA. 2013.

Iskandarwassid, Startegi Pembelajaran Bahasa:Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Mac Aditiawarman, dkk. Hoax dan Hate Speech di Dunia Maya: Jakarta : Media Grub,2013.

Mila Hasanah, Landasan pendidikan islam guru: Mataram : CV kanhayakarya 2021.

Philip Kottler dan Kevin Lane Keller, Handbook Of Research Of Effective Advertising Strategies In The Social Media Age: ambridge: IGI Global, 2016.

Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar: Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Varinder Taprial dan Priya Kanwar, Understanding Social Media,: London: Ventus Publishing ApS, 2012.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Mu’alimin, Yansah, A., Rodhiyah, & Adilla, U. (2024). Dampak Penyalahgunaan Media Sosial Terhadap Pembelajaran Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 2(2), 75–88. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i2.829