Pengaruh Latar Belakang Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo

Authors

  • Mila Asmara Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1.1056

Keywords:

Latar Belakang Sosial dan Ekonomi Keluarga, prestasi belajar

Abstract

Prestasi belajar siswa lebih dominan pada siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai PNS dan guru dari  pada prestasi belajar siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai buruh/petani dan juga ada beberapa siswa yang profesi orang tuanya sebagai pemuka agama juga memiliki prestasi belajar yang sangat baik selain itu peneliti juga menemukan bahwa hasil pendapatan orang tua juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Limbur Lubuk Mengkuang,status sosial dapat diarikan sebagai kedudukan seseorang dalam suatu kelompok dan hubungannya dengan anggota yang lain dalam kelompok yang sama, bahwa prestasi belajar adalah hasil dari usaha atau tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang dapat diberikan oleh guru mengenai kemajuan belajar siswa selama masa tertentu, ekonomi keluarga adalah suatu kajian tentang upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhannya melalui aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang bertanggung jawab atas kebutuhan, jenis penelitian kuantitatif jumlah Populasi dari penelitian ini sebanyak 31 Data dikumpulkan menggunakan analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, mean,median,modus, dan uji hipotesis,1.Hasil koefisien korelasinya 0,146 rendah, signifikan korelasi Ho diterima Ha ditolak, koefisien determinasi 2,13% regresi 57,00+0,213. 2.Hasil koefisien korelasinya 0,535 sedang, signifikan korelasi Ho ditolak Ha diterima, koefisien determinasi 28,6% regresi 67,329+0,562. 3.Hasil koefisien korelasinya 0,445 sedang, signifikan korelasi Ho ditolak Ha diterima, koefisien determinasi 19,80% regresi 36,502+0,32. 1.Tidak ada pengaruh status sosial terhadap prestasi belajar siswa dari uji statistic produk momen diperoleh nilai r 0,14 rendah, 2.ada pengaruh ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa dari uji statistic produk momen diperoleh nilai r 0,535karna nilai itu sedang 3.ada pengaruh status sosial terhadap prestasi belajar dari uji statistic produk momen diperoleh nilai r 0,445 karna nilai itu sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depertemen Agama RI, Alquran dan terjemahannya, Jakarta: PT Maghfiroh Pustaka, 2006.

Depertemen Pendidikan dan kebudayaan, kamus besar bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Media, 2010.

Abdulsyani, Sosiologi dan Skematika, Teori, dan Terapan, Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2010.

Arsyad, Ekonomi Pembangunan, Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Lakarta: Kencana Prenada Media Group 2009.

Dirman dan Cicih Juarsih, Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajar Yang Mendidik, Jakarta: Rineka cipta,2014.

H.Abdul Ahmadi, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cifta, 2010, Cet-ke 2.

Husaini Usman, Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Pustaka Media, 2010.

Ika farida ulfa, “pengaruh status social dan kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi bekerja bagi remaja,” vol. II.

Mayor Palok, Sosiologi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

M Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2001, cet ke-10.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Muhammad Fathurrahman dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, yogyakarta: Teras, 2012.

Riduwan, metode dan Teknik Menysusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta,2010.

Ridha Illahi Putri, Pengaruh Status SosiaL Orang Tua Terhadap Pengambilan Keputusan Anak Yang Berprofesi Sebagai Guru Di Sekolah Kecamatan Sawangan , disertasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta , Tahun, 2018.

Rusmaini, Ilmu Pendidikan, Pelembang: Grafika Telindo Press, 2011.

Sefti wiri febriana, “Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Surakarta, 2014.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka cipta, 2010.

Subhana, Mursetyo Rahadi, dkk, Statistik Pendidikan, Bandung : CV Pustaka Setia, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif , Bandung: CV Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif R dan D , Bandung: CV Alfabeta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif , Bandung: CV Alfabeta, 2017.

Suharsimi Arikunto,Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Asdi Mahastya, 2006.

Sumardi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012, h. 234.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Asmara, M., & Adilla, U. (2025). Pengaruh Latar Belakang Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 3(1), 74–99. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1.1056