Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Bullying Melalui Penanaman Nilai Keislaman di Pondok Pesantren Daarul Jalal Desa Tabun Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo

Authors

  • Mislina Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Halimatussa'diyah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Mawaddah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i1.651

Keywords:

strategi, bullying, akidah akhlak

Abstract

Penelitian ini mengenai strategi guru dalam mengatasi bullying di Mts pondok pesantren daarul jalal desa tabun kecamatan VII koto kabupaten tebo. Dalam mengatasi penanggulangan bullying menjadi kewajiban bagi seluruh warga sekolah termasuk guru akidah akhlak karena guru akidah akhlak mempunyai peran penting dalam penyempurnaan akhlak. Guru akidah akhlak harus mempunyai strategi dalam penanggulangan bullying karena bullying tentunya sangat berdampak dalam pembelajaran disekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu metode yang berdasarkan pada filsafat yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya aksi bullying baik secara verbal maupun fisik. Adapun strategi yang dilakukan yaitu seperti penguatan nilai-nilai keislaman pada anak, memberikan hukuman yang tujuannya mendidik dan memberi efek jera pada pelaku bullying, dan menjalin pendekatan dengan siswa secara persuasif. Kemudian bentuk bullying yaitu bullying verbal dan bullying fisik seperti memanggil nama dengan panggilan mengejek atau memanggil dengan gelar yang buruk seperti gendut, menendang, mencubit, dan sebagainya. Dan adapun yang menjadi hambatan yang menghambat dalam penanggulangan bullying yaitu, tidak terbukanya korban bullying untuk melapor ke guru, sudah menjadi kebiasaan, dan pengaruh lingkungan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi, psikologi sosia, Jakarta: rineka cipta, 1991

Ade Imelda frimayanti, implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama islam, lampung: jurnal pendidikan islam, Vol 8, No 11, 2017

Ahmad baliyo eko prasetyo, “bullying di sekolah dan dampaknya bagi masa depan anak”, Yogyakarta: jurnal el tarbawj, 2011.

Andri priyatna, let’s end bullying: memahami, mencegah, dan mengatasi bullying, Jakarta: PT Elex media komputindo, 2010

Badrudin, akhlak tasawuf, diterbitkan oleh iaib press, serang

Eka nurjannah, dkk, “strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa”, curup: journal of education and instruction, 2020.

Elly manizar, “peran guru sebagai motivator dalam belajar”, palembang: jurnal tadrib, 2015

Hamzah ya’kub, etika islam, bandung: ponorogo, 1933

Ike riskiyah dan muzammil, internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pendidikan pesantren, paiton probolinggo: jurnal edukasi dan sains, 2020

Khoriah, “nilai-nilai ibadah dalam novel burung-burung cahaya karya jusuf a.n” disertai, program pascasarjana IAIN palangka raya, 2019

Masdin, fenomena bullying dalam pendidikan, kendari: jurnal Al Ta’dib, 2013.

Muhamad suyudi, “peran guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter siswa”, jurnal pendidikan, sosial, dan agama, 2020

Nor fithriah, kepemimpinan pendiidkan pesantren, (Kalimantan selatan: jurnal ilmiah Al Qalam, 2018

Novita sahara, “peran guru sebagai motivator untuk menumbuhkan minat belajar”, riau: disertasi program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia

Prayashi anjani, “nilai-nilai akidah dalam film munafik 2 karya syamsul yusof” disertai, program pascasarjana UIN reden intan lampung, 2020

Raden ahmad muhajir ansori, strategi penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik, malang: jurnal pusaka, 2016

Salim dan syahrum, “metodologi penelitian kualitatif, konsep dan aplikasi dalam ilmu sosial, keagamaan dan pendidikan” (bandung: citapustaka media, 2012

Situ rukhayati, “strategi guru pai dalam membina karakter peserta didik”, salatiga: lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 2019

Sugiyono, metode penelitian kualitatif, bsndunng: Alfabeta CV, 2018

Ummu kalsum yunus, “strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami peserta didik, makassar”, vol. VII, No.1, 2018

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Mislina, Adilla, U., Halimatussa’diyah, & Mawaddah. (2024). Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Bullying Melalui Penanaman Nilai Keislaman di Pondok Pesantren Daarul Jalal Desa Tabun Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 2(1), 26–50. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i1.651