Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Bullying Melalui Penanaman Nilai Keislaman di Pondok Pesantren Daarul Jalal Desa Tabun Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i1.651Keywords:
strategi, bullying, akidah akhlakAbstract
Penelitian ini mengenai strategi guru dalam mengatasi bullying di Mts pondok pesantren daarul jalal desa tabun kecamatan VII koto kabupaten tebo. Dalam mengatasi penanggulangan bullying menjadi kewajiban bagi seluruh warga sekolah termasuk guru akidah akhlak karena guru akidah akhlak mempunyai peran penting dalam penyempurnaan akhlak. Guru akidah akhlak harus mempunyai strategi dalam penanggulangan bullying karena bullying tentunya sangat berdampak dalam pembelajaran disekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu metode yang berdasarkan pada filsafat yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya aksi bullying baik secara verbal maupun fisik. Adapun strategi yang dilakukan yaitu seperti penguatan nilai-nilai keislaman pada anak, memberikan hukuman yang tujuannya mendidik dan memberi efek jera pada pelaku bullying, dan menjalin pendekatan dengan siswa secara persuasif. Kemudian bentuk bullying yaitu bullying verbal dan bullying fisik seperti memanggil nama dengan panggilan mengejek atau memanggil dengan gelar yang buruk seperti gendut, menendang, mencubit, dan sebagainya. Dan adapun yang menjadi hambatan yang menghambat dalam penanggulangan bullying yaitu, tidak terbukanya korban bullying untuk melapor ke guru, sudah menjadi kebiasaan, dan pengaruh lingkungan keluarga.
Downloads
References
Abu Ahmadi, psikologi sosia, Jakarta: rineka cipta, 1991
Ade Imelda frimayanti, implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama islam, lampung: jurnal pendidikan islam, Vol 8, No 11, 2017
Ahmad baliyo eko prasetyo, “bullying di sekolah dan dampaknya bagi masa depan anak”, Yogyakarta: jurnal el tarbawj, 2011.
Andri priyatna, let’s end bullying: memahami, mencegah, dan mengatasi bullying, Jakarta: PT Elex media komputindo, 2010
Badrudin, akhlak tasawuf, diterbitkan oleh iaib press, serang
Eka nurjannah, dkk, “strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa”, curup: journal of education and instruction, 2020.
Elly manizar, “peran guru sebagai motivator dalam belajar”, palembang: jurnal tadrib, 2015
Hamzah ya’kub, etika islam, bandung: ponorogo, 1933
Ike riskiyah dan muzammil, internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pendidikan pesantren, paiton probolinggo: jurnal edukasi dan sains, 2020
Khoriah, “nilai-nilai ibadah dalam novel burung-burung cahaya karya jusuf a.n” disertai, program pascasarjana IAIN palangka raya, 2019
Masdin, fenomena bullying dalam pendidikan, kendari: jurnal Al Ta’dib, 2013.
Muhamad suyudi, “peran guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter siswa”, jurnal pendidikan, sosial, dan agama, 2020
Nor fithriah, kepemimpinan pendiidkan pesantren, (Kalimantan selatan: jurnal ilmiah Al Qalam, 2018
Novita sahara, “peran guru sebagai motivator untuk menumbuhkan minat belajar”, riau: disertasi program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Prayashi anjani, “nilai-nilai akidah dalam film munafik 2 karya syamsul yusof” disertai, program pascasarjana UIN reden intan lampung, 2020
Raden ahmad muhajir ansori, strategi penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik, malang: jurnal pusaka, 2016
Salim dan syahrum, “metodologi penelitian kualitatif, konsep dan aplikasi dalam ilmu sosial, keagamaan dan pendidikan” (bandung: citapustaka media, 2012
Situ rukhayati, “strategi guru pai dalam membina karakter peserta didik”, salatiga: lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 2019
Sugiyono, metode penelitian kualitatif, bsndunng: Alfabeta CV, 2018
Ummu kalsum yunus, “strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami peserta didik, makassar”, vol. VII, No.1, 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTAADDIB : Islamic Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.