Upaya Meningkatkan Karakter Islami Siswa Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di SMPN 1 Pelepat

Authors

  • Mawaddah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Rafik Darmansyah Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi
  • Anis Wati Mamlu'ah Universitas Islam Mamba'ul Ulum Jambi
  • Albarokah Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin Rimbo Bujang Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i2.1087

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Karakter Islam, Pembelajaran Berbasis Proyek, Profil Pelajar Pancasila,, Rahmatan lil ‘Alamin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis proyek dalam upaya meningkatkan karakter Islami siswa melalui integrasi Profil Pelajar Pancasila (PPP) dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin (PPRA) di SMPN 1 Pelepat, Kabupaten Bungo. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena menurunnya internalisasi nilai-nilai religius dan sosial di kalangan remaja sekolah menengah, serta kebutuhan akan model pembelajaran yang mampu menggabungkan dimensi spiritual, moral, dan kebangsaan secara harmonis. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru PAI dan siswa, serta angket untuk mengukur perubahan sikap dan perilaku religius siswa setelah penerapan proyek berbasis PPP dan PPRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PAI berbasis proyek mampu meningkatkan lima indikator utama karakter Islami siswa, yaitu kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, kepedulian sosial, dan religiusitas. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh skor rata-rata kenaikan sebesar 28% pada indikator karakter setelah intervensi selama tiga bulan. Selain itu, keterlibatan aktif siswa dalam proyek yang berbasis nilai Pancasila dan Islam rahmatan lil ‘alamin mendorong terjadinya pembelajaran reflektif dan kolaboratif, yang memperkuat dimensi moral dan spiritual mereka. Guru PAI berperan sebagai fasilitator dan learning designer dalam merancang kegiatan proyek kontekstual yang menumbuhkan empati, toleransi, serta tanggung jawab sosial. Penelitian ini berkontribusi secara teoretis terhadap pengembangan model pembelajaran PAI berbasis nilai integratif yang menghubungkan PPP dan PPRA, serta memperluas pemahaman tentang sinergi antara pendidikan karakter nasional dan nilai-nilai Islam universal dalam konteks sekolah negeri. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran PAI yang berorientasi pada pembentukan karakter Islami siswa secara menyeluruh dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R., Rahim, M., & Yusuf, A. (2023). Integrating Islamic values in secondary school education: A case study in Indonesia. Journal of Moral Education, 52(1), 34–48. https://doi.org/10.1080/03057240.2023.2183456

Fajri, M., & Huda, M. (2022). Character education through Islamic project-based learning in Indonesian schools. International Journal of Instruction, 15(3), 211–230. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15312a

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Profil Pelajar Pancasila dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdikbudristek.

Lickona, T. (2019). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Nurmanita, M., Sahibe, N., & Ilham, A. (2025). Strengthening Pancasila and Rahmatan lil Alamin student profiles: An inquiry of two Islamic vocational high schools. Indonesian Research Journal in Education, 9(2), 145–162. https://online-journal.unja.ac.id/irje/article/view/47536

OECD. (2024). Education for Global Citizenship and Moral Literacy: Global Report 2024. Paris: OECD Publishing.

Purwanti, K. L., Adriyani, Z., & Afifa, E. L. N. (2025). Character Education through Project-Based Learning: The Implementation of the Pancasila Student Profile and Rahmatan lil Alamin Project in Islamic Elementary Schools. Journal of Islamic Elementary Education, 7(1), 23–39. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/26578

Sahibe, N., Ilham, A., & Nurmanita, M. (2025). Integrating the Rahmatan lil Alamin framework into Pancasila-based education: An Indonesian model. Journal of Islamic Education Studies, 12(4), 201–218.

Fajri, M., & Huda, M. (2022). Character education through Islamic project-based learning in Indonesian schools. International Journal of Instruction, 15(3), 211–230. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15312a

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Profil Pelajar Pancasila dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kemenag RI. (2023). Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin: Konsep dan Implementasi di Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Nurmanita, M., Sahibe, N., & Ilham, A. (2025). Strengthening Pancasila and Rahmatan lil Alamin student profiles: An inquiry of two Islamic vocational high schools. Indonesian Research Journal in Education, 9(2), 145–162.

Purwanti, K. L., Adriyani, Z., & Afifa, E. L. N. (2025). Character Education through Project-Based Learning: The Implementation of the Pancasila Student Profile and Rahmatan lil Alamin Project in Islamic Elementary Schools. Journal of Islamic Elementary Education, 7(1), 23–39.

Saridin, S. (2024). The Integration of Pancasila Values and the Values of Rahmatan lil Alamin: A Perspective on the Merdeka Curriculum in Madrasah Ibtidaiyah. TOFEDU: The Future of Education Journal, 6(2), 77–95. http://journal.tofedu.or.id/index.php/journal/article/view/402

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage.

Purwanti, K. L., Adriyani, Z., & Afifa, E. L. N. (2025). Character Education through Project-Based Learning: The Implementation of the Pancasila Student Profile and Rahmatan lil Alamin Project in Islamic Elementary Schools. Journal of Islamic Elementary Education, 7(1), 23–39.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-10-09

How to Cite

Mawaddah, Darmansyah, R., Wati Mamlu’ah, A., & Barokah, A. (2025). Upaya Meningkatkan Karakter Islami Siswa Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di SMPN 1 Pelepat. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 3(2), 116–127. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i2.1087