Peran Koordinator Program Pasca Amtsilati dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kader di Pondok Pesantren Al-Inayah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i2.830Keywords:
koordinator, pasca amtsilati, Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah, (3) Untuk mengetahui upaya yang diterapkan oleh koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah adalah: Koordinator pasca Amtsilati sebagai supervisor, evaluator, educator. (2) Kendala koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah adalah: (a) Komitmen guru yang kurang baik, (b) Guru melakukan usaha lain yang terkadang mengganggu tugasnya, (c) Kurangnya penguasaan materi oleh guru. (3) Upaya koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah adalah: (a) Membuat Perjanjian Kerja (b)Meningkatkan Motivasi Guru, (d) Mengikutkan diklat guru.
Downloads
References
Kementrian Agama RI, Alquran dan Terjemahnya Jakarta: PT. Senergi Pustaka Indonesia, 2012
Kementerian Agama RI, “Kitab Kuning dan Tradisi Keilmuan Pesantren,” http://ditpdpontren.kemenag.go.id/artikel/kitab-kuning-dan-tradisi-keilmuan-pesantren.
Afifatur Rahmah, “Implementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesntren Nurul Karomah Galis Madura” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020
Ahmad Zainuri Fadjri Fahmi, “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SDN Pakamban Laok Pragaan Sumenep” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019
Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2019
Asmani Jamal Ma’mur, Sang Pembaharu Pendidikan Pesantren, Jepara: Pondok Pesantren Darul Falah, 2019.
Badan Kepegawaian Negara, “ BKN Atur Penyusunan SKP Koordinator dan Subkoordinator.” https://yogyakarta.bkn.go.id/berita/2021/02/bkn-atur-penyusunan-skp-koordinator-subkoordinator.
Fatkha Nur Nabila, “Pembelajaran Amtsilati Sebagai Upaya Pembinaan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Wukuhan Kabupaten Jember” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN KH. Achmad Siddiq Jember, 2022
Freedomnesia, “ Arti Koordinator Menurut KBBI, Tugas dan Contohnya”. https://www.freedomnesia.id/arti-koordinator/
M. Sulthon Masyhud dan Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka Jakarta, 2019
Mustofa Altun, “The Effects of Teacher Commitment on Student Achievement”. International Journal of Social Sciesnces & Educational Studies, March 2017
Nasri, “Apa Itu Koordinator, pengertian, Tugas, dan Contoh.” https://www.pengertianesia.my.id/apa-itu-koordinator/.
Pondok Pesantren Al-Inayah, Selayang Pandang Pon-Pes Al-Inayah 2021
Siti Khumairoh, “Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung, 2018
Siti Nurhayati, Supervisi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru, Lampung: CV. Iqro, 2019
Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2022
Syarifuddin, Manajemen Mutu (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2002
Taufiqul Hakim, Tawaran Revolusi Sistem Pendidikan Nasional Berbasis Kompetisi dan Kompetensi, Jepara: Pondok Pesantren Darul Falah, 2019
Toha Nur Hana, “Implementasi Metode Amtsilati Dan Metode Sorogan Dalam Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Gurah Kabupaten Kediri” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo, 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.