Peran Koordinator Program Pasca Amtsilati dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kader di Pondok Pesantren Al-Inayah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Bungo

Authors

  • Mu’alimin Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Baili Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novita Eka Paradina Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i2.830

Keywords:

koordinator, pasca amtsilati, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah, (3) Untuk mengetahui upaya yang diterapkan oleh koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah adalah: Koordinator pasca Amtsilati sebagai supervisor, evaluator, educator. (2) Kendala koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah adalah: (a) Komitmen guru yang kurang baik, (b) Guru melakukan usaha lain yang terkadang mengganggu tugasnya, (c) Kurangnya penguasaan materi oleh guru. (3) Upaya koordinator program pasca Amtsilati dalam meningkatkan kinerja guru kader di pondok pesantren Al-Inayah adalah: (a) Membuat Perjanjian Kerja (b)Meningkatkan Motivasi Guru, (d) Mengikutkan diklat guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI, Alquran dan Terjemahnya Jakarta: PT. Senergi Pustaka Indonesia, 2012

Kementerian Agama RI, “Kitab Kuning dan Tradisi Keilmuan Pesantren,” http://ditpdpontren.kemenag.go.id/artikel/kitab-kuning-dan-tradisi-keilmuan-pesantren.

Afifatur Rahmah, “Implementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesntren Nurul Karomah Galis Madura” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020

Ahmad Zainuri Fadjri Fahmi, “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SDN Pakamban Laok Pragaan Sumenep” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019

Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2019

Asmani Jamal Ma’mur, Sang Pembaharu Pendidikan Pesantren, Jepara: Pondok Pesantren Darul Falah, 2019.

Badan Kepegawaian Negara, “ BKN Atur Penyusunan SKP Koordinator dan Subkoordinator.” https://yogyakarta.bkn.go.id/berita/2021/02/bkn-atur-penyusunan-skp-koordinator-subkoordinator.

Fatkha Nur Nabila, “Pembelajaran Amtsilati Sebagai Upaya Pembinaan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Wukuhan Kabupaten Jember” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN KH. Achmad Siddiq Jember, 2022

Freedomnesia, “ Arti Koordinator Menurut KBBI, Tugas dan Contohnya”. https://www.freedomnesia.id/arti-koordinator/

M. Sulthon Masyhud dan Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka Jakarta, 2019

Mustofa Altun, “The Effects of Teacher Commitment on Student Achievement”. International Journal of Social Sciesnces & Educational Studies, March 2017

Nasri, “Apa Itu Koordinator, pengertian, Tugas, dan Contoh.” https://www.pengertianesia.my.id/apa-itu-koordinator/.

Pondok Pesantren Al-Inayah, Selayang Pandang Pon-Pes Al-Inayah 2021

Siti Khumairoh, “Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung, 2018

Siti Nurhayati, Supervisi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru, Lampung: CV. Iqro, 2019

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2022

Syarifuddin, Manajemen Mutu (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2002

Taufiqul Hakim, Tawaran Revolusi Sistem Pendidikan Nasional Berbasis Kompetisi dan Kompetensi, Jepara: Pondok Pesantren Darul Falah, 2019

Toha Nur Hana, “Implementasi Metode Amtsilati Dan Metode Sorogan Dalam Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Gurah Kabupaten Kediri” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo, 2021

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Mu’alimin, Baili, & Eka Paradina, N. (2023). Peran Koordinator Program Pasca Amtsilati dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kader di Pondok Pesantren Al-Inayah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Bungo. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 1(2), 53–68. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i2.830