Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Agama Islam Pada Anak Tunagrahita ( Sudi Pada Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo)
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1.861Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam, Anak TunagrahitaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai agama Islam pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo. (2) Menyebutkan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai agama Islam Pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo. (3) Menyebutkan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai Agama Islam Pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu berupa paparan data secara tertulis mengenai data- data terkait, dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam sudah memahami namun belum maksimal, guru mengalami kesulitan dalam memberikan pelayanan. (2) Kendala Guru Pendidikan Agama Islam kurang memahami karakter anak tunagrahita yang erat kaitannya dengan tingkat pelayanan, kurangnya kerja sama dengan wali murid, kurangnya kerja sama antar guru di sekolah, serta kurangnya sarana dan prasarana. (3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan pemahaman guru terhadap karakter anak tunagrahita dalam tingkat pelayanan melalui pelatihan yang lebih baik, msembangun kolaborasi yang lebih kuat antar guru, meningkatkan sarana dan prasarana khususnya buku dan air bersih.
Downloads
References
Abd Rahman BP, dkk,"Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan"dalam Al Urwatul Wustaq, Vol. II, No. 1, 2021, h. 2-3.
An-Nahdiyah, "Guru Pendidikan Agama Islam: Tugas Dan Tanggung Jawabnya Dalam Kerangka strategi Pembelajaran Yang Efektif". dalam Jurnal Manajemen Penddikan Islam,2022
Anwar Masy’ari, Akhlak Al-Qur’an (Surabaya: PT Bina Ilmu, 2010)
Diana Widhi Rachmawati dkk. Teori & Konsep Pedagogik.Cirebon: Insania,2021
F. E. R, Arum "Peran Pondok Pesantren Madinatussalam Dalam Penanaman Nilai-Nilai KeagamaanBagi Masyarakat Jember Plampitan,"Disertasi Program Pascsarjana IAIN Purwokwrto,
Halidu,Salma"Pendidikan anak Berkebutuhan Khusus". Ntb: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia,2022
J. Moleong, Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014 Nugroho, A Strategi Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa.Yogyakarta: Pustaka
Pelajar,2019
S. B. F, Anisa "Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan KualitasPembelajaran Pendidika Agama Islam Di SD Muhamadiyah 2 Alternatif Kota Magelang", (Disertasi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022
Suhendri, M Rancangan Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2017
Switri, Endang "Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus" .Pasuruan: Qiara Media,2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.