Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Daya Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A (Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bungo )
Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Daya Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A (Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bungo )
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i2.849Keywords:
Metode Diskusi, Daya Kritis, Siswa MTs, Mata Pelajaran FiqihAbstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana penerapan, kendala, serta upaya yang dilakukan dalam meningkatkan daya kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 4 Bungo. Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial. Tidak setiap pembelajaran fiqih menggunakan metode diskusi. Kendala dalam penerapan metode diskusi, antara lain yaitu, 1. Rendahnya kemampuan guru 2. Kondisi siswa yang kurang semangat. Upaya guru fiqih dalam penerapan metode diskusi, antara lain yaitu, 1. Meningkatkan Kemampuan Guru, 2. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Berkaitan dengan penerapan metode diskusi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bungo guru fiqih menggunakan metode diskusi. Dalam penerapannya guru menerapkan metode diskusi pada bab Thaharah.
Downloads
References
Abdul Rahmat, Efektifitas Metode Diskusi dan Ceramah Dalam Meningkatkan Motivasi Beragama pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas IX di SMP 03 dan SMP 07 Gorontalo, Jurnal Dakwah, Vol. 11, No. 01 (Januari-Juni 2010).
Alaiddin Koto, Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh, Depok : Rajawali Pers, 2011.
Eline B. Johnson, Contextual Teaching dan Learning, Bandung: Penerbit Kaifa, 2002.
M. Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Islam Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
MuhibinSyah, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Roymond H Simamora, Pendidikan Dalam Keperawatan, Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2009.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 2013.
Wahbah az-Zuhally, Ushul Fiqih Al-Islamy, Jilid I (Beirut: Dar al-Fikr)
Zarkasi, Belajar Cepat dengan Diskusi Metode Pengajaran Efektif di Kelas Surabaya: Indah, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.