Penerapan CIRC (Cooperatif Integrated Reading Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Fitria Rahmadini Universitas Negeri Padang
  • Chandra Universitas Negeri Padang
  • Inggria Kharisma Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1.867

Keywords:

CIRC, membaca pemahaman literal, pembelajaran kooperatif, siswa sekolah dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas empat di sekolah dasar. Kemampuan membaca secara literal adalah keterampilan krusial dalam memahami informasi yang terdapat dalam berbagai teks. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas empat di sebuah sekolah dasar negeri, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes membaca, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Dengan adanya peningkatan rata-rata skor tes dari tahap sebelum tindakan hingga akhir siklus, model CIRC terbukti menjadi salah satu metode yang efektif untuk pengajaran membaca di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini memanfaatkan model McTaggart, yang terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agatha Kristi Pramudika Sari, & Shinta Shintiana. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.2818

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.

Amylia Putri, Hardina Eka Putri, Chandra Chandra, & Ari Suriani. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V SD. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 2(3), 252–261. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.772

B.HS, H. A., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465

Harefa, T. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 658–664. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2125

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hidayah, Y. N., & Hardini, A. T. A. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (Circ) Bahasa Indonesia. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 213-222.

Hs, H. A. B., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233-247. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465

Muis, S. F. (2013). Kemampuan membaca pemahaman literal dan interpretatif melalui pendekatan konstruktivisme. Al-MUNZIR, 6(2).

Simamora, E. P., Pardede, N. C., & Harahap, S. H. (2024). Peran Keterampilan Membaca Dalam Membentuk Keterampilan Menulis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 385–394. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1782

Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600

Zubaedah, Z. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Pada Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Rahmadini, F., Chandra, & Kharisma, I. (2025). Penerapan CIRC (Cooperatif Integrated Reading Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 3(1), 38–48. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1.867