Analisis Pemahaman Makna Kiasan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i2.878Abstract
Pemahaman terhadap makna kiasan masih menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar, terutama siswa kelas V yang berada pada tahap perkembangan operasional konkret. Penelitian ini berfokus pada analisis Tingkat pemahaman siswa terkait makna kiasan dari aspek kognitif dan psikomotorik. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek lima siswa kelas V yang dipilih secara purposive dari lingkungan tempat tinggal peneliti. Instrumen penelitian mencakup tes kognitif berupa soal pilihan ganda dan esai pendek, serta tugas psikomotorik berupa analisis teks yang mengandung makna kiasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori Cukup dan Baik dalam memahami makna kiasan. Siswa lebih mampu mengenali makna kiasan dibandingkan menjelaskannya secara kontekstual atau menggunakannya dalam kalimat. Kesulitan utama ditemukan pada kemampuan menafsirkan frasa kias secara simbolis dan mengaplikasikannya dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir simbolik pada siswa masih berkembang dan memerlukan dukungan strategi pembelajaran yang sesuai. Maka dari itu, penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan kontekstual dan multisensori dalam pembelajaran bahasa untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap makna kiasan secara bermakna dan aplikatif.
Downloads
References
Kelas 5 SD. 2(2).
Haki, U., Prahastiwi, E. D., & Selatan, U. T. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67
Indahsari, N. (2021). Penggunaan Makna Kias pada Puisi “5 Detik dan Rasa Rindu ” Karya Prilly Latuconsina Nur. Bahasa Indonesia.
Indra, R., Hanifah, I., & Hamidah, I. (2022). Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ANALISIS MAKNA KIAS DALAM LIRIK LAGU IWAN FALS. 31–36. https://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora
Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126
Muhammadi, Taufina, dan C. (2018). Preliminary Research, Prototyping,. Litera, 17(2), 202–212. https://jurnal.ugm.ac.id/jks/article/view/43117
Nurgiyantoro, B. (2004). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. FBS Universitas Negri Yogyakart, 11(1), 91–116. https://books.google.co.id/books?id=Y9xDDwAAQBAJ&pg=PA5&dq=sistem+merupakan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjA2e-rxt3aAhWLi7wKHcSTBzsQ6AEIJzAA#v=onepage&q=sistem%0Amerupakan&f=false
Sugiyono. (2021). Buku Metode Penelitian Komunikasi.pdf.crdownload (pp. 1–718).
Taufina, T., & Chandra, C. (2018). The Implication of Authentic Assessment in Thematic Integrated Learning Process at Lower Level Elementary School Early Childhood Development. 169(Icece 2017), 140–143. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.36
Vark, M., Siswa, U., & Dasar, S. (2018). Visual, Auditory, Read-Write, Kinesthetic ). 2, 72–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.