Pelatihan Asertivitas Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Interpersonal Pada Suami atau Istri Dalam Keluarga Luas (Extended Family)
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.137Keywords:
Pelatihan asertivitas, kemampuan pemecahan masalah interpersonal, suami-istri, , keluarga luas (extended family)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan asertivitas untuk meingkatkan kemampuan pemecahan masalah interpersonal pada suami atau istri dalam keluarga luas (extended family). Analisis data menggunakan statistik nonparametrik Mann Whitney U Test yaitu dengan melihat Gained Score (skor selisih) yang diperoleh dari skor pretest dan posttest. Hasil uji beda pada pretes dan posttest menunjukkan koefisien Z sebesar -2.956 p<0,005. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah interpersonal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pemberian perlakuan, dimana kelompok eksperimen memiliki kemampuan pemecahan masalah interpersonal lebih tinggi (mean rank= 12,00) dibandingkan dengan kelompok kontrol (mean rank= 5,00). Selanjutnya, uji beda Wilcoxon terhadap skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen pada koefisien Z sebesar -2,527, p<0,005, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara fase pretest dan fase posttest pada KE, dimana pada fase posttest (mean score= 117,250) suami-istri mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah interpersonal dibandingkan dengan fase pretest (mean skor= 101,500). Ini menandakan bahwa suami-istri yang mendapatkan pelatihan asertivitas mengalamai peningkatan kemampuan pemecahan masalah interpesonal dibandingkan suami-istri yang tidak mendapatkan pelatihan asertivitas. Hasil uji beda Wilcoxon terhadap skor posttest dan follow up pada kelompok eksperimen menunjukkan koefisien Z sebesar -2,103, p<0,05. Hal ini menandakan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah interpersonal antara setelah pelatihan asertivitas (post test) dan dua minggu setelahnya (follow-up), pada fase follow-up (mean score=123,875) suami atau istri tersebut kembali mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah interpersonal dibandingkan pada fase posttest (mean score=117,250). Ini berarti bahwa pelatihan asertivitas memiliki pengaruh berarti terhadap kemampuan pemecahan masalah interpersonal.
Downloads
References
Bimo Walgito. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset. 2003.
Gordon H Bower. Theories Of Learning, Englewood Cliff : Prentice Hall, 1981.
Burley-Allen. Managing assertively-how to improve your people skills. New York: John Wiley and Son.Inc. 1983.
Cawood. Assertirtiveness for managers. Learning effective skills for managing people. Bussiness series. 2nd edition. North Vancour, British Columbia: International Self – counsil Press Ltd. 1987.
Covey. Principle-centered leadership. Simon & Schuster, London. Buletin Psikologi. Tahun IX, No. 2, Desember 2001. 1990.
Daromi, F. Membina keluarga dengan mengenali bibit. http://arsinfo.co.cc/2010//11/.html. 2010.
Farida. Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. 2006.
Gottman & Notarius. Decase review: observing marrital interaction. Journal of marriage and the family. Vol. 62, 2000.
Gottman, dkk. Predicting marital happiness and stability from newlywed interaction. Journal af marriage and the family. Vol. 60, 1998.
Gustavi & Colonna. Unit pembelajaran QU-2.4 hubungan antar pribadi. Edisi: A/ Revisi: 2 14/11/2007. Asosiasi politeknik Indonesia (ASPI). 2007.
Hadjono. Perlakuan salah di dalam keluarga. Laporan Seminar. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar. 1985.
Hasanat. Ekspresi senyum untuk meningkatkan hubungan interpersonal. Buletin Psikologi, Tahun IV, Nomor 1, Agustus 1996.
Iowa State University. Family resiliency, building strenghts to meet life’s challenges. Iowa State University. 1995.
Ismayudha, Y. Pengaruh pelatihan asertif terhadap kecemasan sosial pada remaja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. 1995.
Kanfer, F. H. & Goldstein, A. P. Helping people change. New York: Pergumon press. 1986.
Kelley, Harold H. Attribution Theory in Social Psychology. Nebraska Symposium on Motivation, Vol 15. 1967.
Marini & Andriani. Perbedaan Tingkat Asertivitas Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Psikologia, Vol.1(2), 2005.
Myers &Myers. The dynamic of human communication: A Laboratory Approach. Sixt Editon. Singapore: Mc.Graw Hill.Inc. 1992.
Rees, S & Graham, R.S. Assertion training: how to be who you really are. (Strategies for mental health). New York : A Tavistock/Routledge Publication. 1991.
Solikah. Konflik interpersonal antara anggota keluarga besar. Skripsi. Tidak diterbitkan: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2010.
Soresi, S., Nota, L., dan Robert,W. Relation of Type and Amount of Training to Career Counseling Self-Efficacy in Italy. The Career Development Quarterly, Vol. 52, No. 3, ProQuest Research Library, 2004.
Spivack, Platt, & Shure. The problem-solving approach to solving real life problem. San Franssisco: Jossey-Bass. 1976.
Syukri & Zulkarnain. Asertivitas dan kreativitas pada karyawan yang bekerja di multi level marketing. Jurnal Psikologia. Vol. I, No.2, 2005.
Teh, dkk. Does assertiveness and friendliness affect a person’s satisfaction with social support?. Anima.Indonesian Psychology Journal. Vol. 21, No. 3, 2006.
Thanan. Risalah pergerakan pemuda Islam. Jakarta: Visi Media. 2001.
Tim OBM. Pelatihan OBM kecakapan belajar UI: belajar di perguruan tinggi, hal-hal dasar belajar. Jakarta: Universitas Indonesia. 2008.
Townend. Develoving assertiveness. London: Routledge. 1991.
Umar, N. Perceraian Usia Muda. POSMETRO. 14 September 2010.
Uyun. Pelatihan asertivitas untuk meningkatkan ketahanan istri. Fenomena: Vol. 2 No. 1 Maret 2004.
Walker, et.all. Clinical procedures for behavior therapy. New Jersey: Prentice-Hall.Inc. Englewood Cliffs. 1981.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.