PENANGANAN KESULITAN BELAJAR ANAK DENGAN ADHD (STUDY KASUS PUSAT LAYANAN PSIKOLOGI BISMIKA MUARA BUNGO)

Authors

  • Wiwin Narti Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Muara Bungo

Abstract

Setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pembelajaran, akan tetapi tidak semua anak dapat diperlakukan dengan sama, seperti halnya pada anak dengan ADHD. Perilakunya yang berbeda dengan anak pada umumnya membuat anak dengan ADHD membutuhkan cara yang berbeda untuk belajar. Pusat Layanan Psikologi Bismika Muara Bungo menerapkan berbagai macam pendekatan yang merupakan serangkaian kegiatan atau program untuk meningkat kemampuan belajar anak dengan ADHD. Adapun beberapa pendekatan tersebut yaitu (1) kerjasama antara orangtua dengan terapis, (2) melatih anak untuk duduk mandiri, (3) olahraga, (4) kegiatan belajar (akademik), (5) modifikasi perilaku, (6) penggunaan APE, (7) penggunaan reward, (8) terapi EFT (emotional freedom technique), dan (9) motivasi.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, ADHD, Pusat Layanan Psikologi Bismika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-01

How to Cite

Narti, W. (2017). PENANGANAN KESULITAN BELAJAR ANAK DENGAN ADHD (STUDY KASUS PUSAT LAYANAN PSIKOLOGI BISMIKA MUARA BUNGO). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(1), 78–88. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/78