PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SAMBI

Authors

  • Soni Yuda Ariyanto SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) YASNI MUARA BUNGO

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kedaulatan rakyat dan
sistem pemerintahan Indonesia pada kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambi
Boyolali yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab
pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan
strategi pembelajaran Index Card Matchsiswa yang aktif materi kedaulatan
rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia sebanyak 17 siswa atau 42,50%.
Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan
strategi pembelajaran Index  Card  Match, siklus I meningkat menjadi 23
siswa atau 57,50% dan siklus II meningkat menjadi 31 siswa atau 77,50%.
Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil
analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan
“Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Index  Card  Matchdapat
Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi
Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Pada Siswa Kelas
VIII B SMP Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun 2010†terbukti dan dapat
diterima kebenarannya.
Kata Kunci:   Index Card Match, keaktifan siswa, mata pelajaran
PKn.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-20

How to Cite

Ariyanto, S. Y. (2015). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SAMBI. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 2(2), 35–55. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/21