Penggunaan Media Kertas Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kec. Bungo Dani Kab. Muara Bungo

Authors

  • Arif Syaifullah Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni S Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Irdamurni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.290

Keywords:

Media Kertas Origami, Meningkatkan Kreativitas, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya kreativitas  siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran Tematik. Hal itu disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode yang konvensional dan hanya berpusat pada guru. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini akan diterapkan selama 2 siklus dan akan menerapkan desain penelitian oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 90/II Talang Pantai yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui Media Kertas Origami pada pembelajaran Tematik di kelas 1 SDN 90/II Talang Pantai. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ialah adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada ranah psikomotor. Hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan media gambar pada siklus I menunjukkan ketuntasan siswa mencapai 68% atau 13 siswa yang tuntas, dan pada siklus II menunjukkan ketuntasan mencapai 95% atau 18 siswa yang tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menerpakan Media Kertas Origami dalam proses pembelajaran akan dapat meningkatkan kreativitas siswa pada kelas 1 SDN 90/II Talang Pantai .â€

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dirman dan Cicih Juarsih, kegiatan pembelajaran yang mendidik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014, cet.1.
Haziah Ans dan Mastris Radyamas. let’s play ORIGAMI: Cerdas dan Kreatif dengan kertas. Surakarta: indiva Media Kreasi, 2015.
Hamzah B. Uno. Model pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2012, cet.9.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajran Aktif, Inovatif,Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Hasnida. Media pembelajaran kreatif mendukung pengajaran pada anak usia dini, Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media, 2014, Cet.1.
Iif Khoiru Ahmadi dan Sofan Amri. Pengembangan & Model pembelajran Tematik Integratif. Jakarta:PT. Prestasi Pustakaraya, 2014.
Lila Putri Dewanti, ” Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Origami Pada Siswa Sekolah Dasar”. (Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, 2017).
Ngalim Purwanto. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006, cet.13.
Nunuk Suryani. et.al. media pembelajaran inovatif dan pengembangannya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
M. Fadillah. implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014, cet. 1.
Mona Novita. PTK Tidak Horor , Surabaya : CV. Pustaka Media Guru, 2018.
Sukardi. metode penelitian pendidikan tindakan kelas implementasi dan pengembangannya, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013, cet.2.
Sa’dun Akbar,et.al., implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016, cet. 1.
Rulam Ahmadi. Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2014, cet.1.
Yeni Rachmawati dan Euis Kerniati. Strategi pengembagan Kreativitas pada Anak, Jakarta: Prenanda Media Group, 2011, cet.2.

Downloads

Published

2021-08-24

How to Cite

Syaifullah, A., S, N., & Irdamurni, I. (2021). Penggunaan Media Kertas Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kec. Bungo Dani Kab. Muara Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 145–165. https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.290