Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadis Melalui Metode Tahfiz di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ma’arif Muara Bungo

Authors

  • Arif Syaifullah Universitas Negeri Padang
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v7i2.249

Keywords:

Hasil belajar, Mata pelajaran Alquran Hadis, Metode Tahfiz.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis khususnya dalam menghafal surah-surah pendek yang menjadi target tercapainya kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode tahfizpada mata pelajaran Alquran Hadis materi surah Al-Kafirun di kelas II MI Raudhatul Ma’arif Muara Bungo Tahun Pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus.Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa lembar tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa mata pelajaran Alquran Hadis materi Surah Al-Kafirun dengan menggunakan metode Tahfiz pada siswa kelas II MI Raudhatul Ma’arif Muara Bungo.Meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat perubahannya dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Tahfizpada siklus I hanya 15 siswa atau 65% yang mampu mencapai KKM dan pada siklus II setelah dilakukannya perbaikanmeningkat menjadi 23 siswa atau 100% yaitu semua siswa sudah mampu mencapai KKM yang ditentukan sekolah. Dengan demikian disimpulkan bahwa “menggunakan metode tahfiz pada mata pelajaran Alquran Hadis dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ma’arif Muara Bungo tahun 2019â€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpiyanto.Menjadi Juara dan Berkarakter.Bekasi: PT. Tujuh Samudra, 2013
A. Wahab Jufri. Belajar Dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2017
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Fathin Masyhud dan Ida Husnur Rahmawati.Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia.Jakarta : Zikrul Hakim, 2017, Cet.ke-4
Frandy Pratama, Firman, Neviyarni, “Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Negeri”dalam Edukatif : Jurnal Pendidikan, vol. I, no. 3
Kunandar.Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudhatul Ma’arif.Dokumen I KTSP Kurikulum 13. Muara Bungo: Raudhatul Ma’arif, 2018
M.Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001, Cet.Ke-5
Mahmud Yunus. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 2000
Ngalim M. Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2004
Pustaka Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003 Cet ke-4.
Paizaluddin dan Ermalinda.PenelitianTindakan Kelas (Classroom Action Research): Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta, 2016, cet.3.
Poerwadarminto.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Bina Aksara, 2002.
Sa’dullah. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an.Jakarta: Gema Insani, 2000
Salafuddin AS. Ngaji Metal Metode Talqin .Jakarta: Wali Pustaka, 2018, Cet.1.
Taniredja.T, dkk.“Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Bandung: Alfabeta, 2010
Wiwi Alwiyah Wahid. Cara Cepat Mebaca Al-Qur’an.Yogyakarta: Diva Press, 2014,Cet.ke-4.

Downloads

Published

2021-03-09

How to Cite

Syaifullah, A., Firman, F., Desyandri, D., & Wiseza, F. C. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadis Melalui Metode Tahfiz di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ma’arif Muara Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(2), 48–71. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i2.249

Most read articles by the same author(s)