Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadis Melalui Metode Tahfiz di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ma’arif Muara Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v7i2.249Keywords:
Hasil belajar, Mata pelajaran Alquran Hadis, Metode Tahfiz.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis khususnya dalam menghafal surah-surah pendek yang menjadi target tercapainya kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode tahfizpada mata pelajaran Alquran Hadis materi surah Al-Kafirun di kelas II MI Raudhatul Ma’arif Muara Bungo Tahun Pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus.Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa lembar tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa mata pelajaran Alquran Hadis materi Surah Al-Kafirun dengan menggunakan metode Tahfiz pada siswa kelas II MI Raudhatul Ma’arif Muara Bungo.Meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat perubahannya dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Tahfizpada siklus I hanya 15 siswa atau 65% yang mampu mencapai KKM dan pada siklus II setelah dilakukannya perbaikanmeningkat menjadi 23 siswa atau 100% yaitu semua siswa sudah mampu mencapai KKM yang ditentukan sekolah. Dengan demikian disimpulkan bahwa “menggunakan metode tahfiz pada mata pelajaran Alquran Hadis dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ma’arif Muara Bungo tahun 2019â€.
Downloads
References
A. Wahab Jufri. Belajar Dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2017
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Fathin Masyhud dan Ida Husnur Rahmawati.Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia.Jakarta : Zikrul Hakim, 2017, Cet.ke-4
Frandy Pratama, Firman, Neviyarni, “Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Negeriâ€dalam Edukatif : Jurnal Pendidikan, vol. I, no. 3
Kunandar.Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudhatul Ma’arif.Dokumen I KTSP Kurikulum 13. Muara Bungo: Raudhatul Ma’arif, 2018
M.Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001, Cet.Ke-5
Mahmud Yunus. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 2000
Ngalim M. Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2004
Pustaka Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003 Cet ke-4.
Paizaluddin dan Ermalinda.PenelitianTindakan Kelas (Classroom Action Research): Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta, 2016, cet.3.
Poerwadarminto.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Bina Aksara, 2002.
Sa’dullah. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an.Jakarta: Gema Insani, 2000
Salafuddin AS. Ngaji Metal Metode Talqin .Jakarta: Wali Pustaka, 2018, Cet.1.
Taniredja.T, dkk.“Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Bandung: Alfabeta, 2010
Wiwi Alwiyah Wahid. Cara Cepat Mebaca Al-Qur’an.Yogyakarta: Diva Press, 2014,Cet.ke-4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.