Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPS Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Yasni Bungo 2019/2020

Authors

  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.141

Keywords:

Pendekatan pembelajaran, Ketrampilan, Pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan lesson study ini (1) Mendeskripsikan penerapan lesson study untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran IPS, (2) Peningkatan kemandirian cara belajar mahasiswa baik di luar kelas maupun di dalam kelas,(3)Peningkatan proses pembelajaran yang mengakomodasi kepentingan mahasiswa yang bervariasi,(4)Peningkatan iklim belajar yang kondusif bagi mahasiswa dengan cara asah, asih dan asuh,(5)mengungkapkan praktik baik (best practices) yang dilakukan dosen dan mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Lesson study dilaksanakan di Prodi Pendidikan pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) pada matakuliah pembelajaran IPS Semester V kelas B 5-21 November 2019. Satu siklus lesson study terdiri atas perencanaan (plan), tindakan (do), dan refleksi (see). Pembelajaran ini dibagi dalam empat siklus. Mahasiswa yang menempuh matakuliah pembelajaran IPS terlibat dalam kegiatan lesson study sebagai subjek pembelajaran. Target akhir dalam pembelajaran ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan keterampilannya dalam membuat video pembelajaran secara mandiri dimana sebagai guru dan siswa kelompok permasing-masing mahasiswa. Hasil yang dicapai adalah (1) Lesson study dilakukan dengan model pembelajaran cooperatif learning untuk meningkatkan soft skill mahasiswa, (2) Kemandirian belajar mahasiswa dapat terlihat dalam sesi diskusi dan ada proses saling asah, asih, dan asuh serta hasil pembuata video pembelajaran secara mandiri (3) Mahasiswa lebih bersemangat dan berkonsentrasi dengan adanya pengisian lembar kerja mahasiswa pada setiap proses pembelajaran dan adanya pendekatan khusus dari dosen pengampu mata kuliah, (4) Ada proses saling asah, asih, dan asuh dalam proses pembelajaran, (5) Ada proses menyusun perencanaan pembelajaran secara bersama-sama oleh tim pengajar, saling memberi koreksi antar kolega, dan proses evaluasi pembelajaran yang melibatkan dosen dan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendayana, Sumar, dkk. Lesson Study, Suatu Strategi Untuk Peningkatan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA, 2007.
Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Kemendiknas. Pedoman Penulisan Makalah Lesson Study untuk Seminar Exchange of Experience. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta, 2012.
Kesuma, Dharma, dkk. Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Khairani. Panduan Penyusunan Proposal Penelitian Dengan Mudah. Padang: UNP Press, 2009.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sugiarti, dkk.“Peningkatan Kemandirian dan Daya Kritis Mahasiswa Semester V Prodi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP UMM pada Mata kuliah Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia”, makalah Seminar Lesson Study FKIP UM, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Wahyuni, Sri. Dkk. Peningkatan Kemandirian Belajar Fisika Biologi Pada Mahasiswa Semester I Angkatan Tahun 2011 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM. Artikel Ilmiah untuk Jurnal, 2011.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Wiseza, F. C. (2020). Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPS Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Yasni Bungo 2019/2020. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 67–89. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.141

Most read articles by the same author(s)