Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ibermarza Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Nisye Friska Andini STIKIP Ahlussunah Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.497

Keywords:

Hasil Belajar, Game Based Learning, Social, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Tema Aku dan Keluargaku di kelas II Kolonel Abundjani dengan menggunakan model pembelajaran game based learning di Sekolah Dasar Alam Muara Bungo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan menggunakan Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis and Taggrat. Penelitian ini dilakukan selama II siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Subjek Penelitian terdiri dari 17 siswa diantaranya 11 Siswa laki-laki dan 6 Siswi Perempuan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I dalam kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa pada siklus I dalam ketegori cukup, pada siklus II dengan kategori baik, (3) hasil tes pada siklus I diperoleh sebanyak 58,8%, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan diperoleh sebanyak 100% dengan kategori sangat baik dengan jumlah siswa yang tuntas 17 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan nilai 85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah karena kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Pelaksanaan penerapan model game based learning pada Tema aku dan keluargaku dikatakan berhasil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas II Kolonel Abundjani  Sekolah Dasar Alam Muara Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fachruddin Azmi “Pelaksanaan Pembimbing Belajar Aspek Kognitif. Afektif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan” dalam E- Journal Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Vol. 1. No. 1 Juli - Desember 2017.

Indarti. Et.al. Digital Game Based Learning Tebak Nama Buahdan Sayuran Dalam Bahasa Inggris Dengan Model Addie. Journal Teknik Komputer Amik BSI. Vol. VI. No. 2. 2020.

Kementrian Agama RI. Al-Qur,an dan Terjemah. (Jakarta: PT Sygma Examedia Arkanleema. 2007.

Komang Redy Winatha. Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. dalam Scholaria.Vol.10.No. 3.

M. Tobroni. Belajar & Pembelajaran (Teori dan Praktik).Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2015.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raju Crafindo Persada. 2014.

Sigit Setyawan. Kelas Asyik dengan Games: 30 games untuk pembelajaran, Jakarta: PT. Grasindo. 2015.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT. Rineka Cipta.2013.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.

Sunyoto Hadil Prayitno.et.al Mathemagic For Teaching. Belajar Itu Mudah Asal Tau Gayanya. Surabaya: Scopindo. 2019.

Wiseza, Fitria Carli. Konsep IPS (Menuju Guru IPS Zaman Now). Surabaya: CV.Media Guru.2019.

Zainal Aqib. PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : AR- RUZZ MEDIA. 2017

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Wiseza, F. C., Ibermarza, & Andini, N. F. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 124–138. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.497

Most read articles by the same author(s)