Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Alam Adiba Tebo

Authors

  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Iber Marza Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1169

Keywords:

Problem-Based Learning, Hasil belajar, Energi alternatif, Keaktifan siswa, Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi alternatif di Sekolah Alam Adiba Tebo. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 19 siswa kelas VI. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keaktifan dan capaian belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Temuan ini menegaskan bahwa model PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran IPAS untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahra, Hana Putri. Keefektifan Model Pembelajaran Problem- Based Learning Berbantuan Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Energi Alternatif. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2024.

Hutagalung, Marisa D. W. “Implementasi Model Tindakan dalam Penelitian Kelas Berbasis Refleksi untuk Perbaikan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 8846–8853.

Kusbahtiar, Muhammad Ghofar, Djazilan, M. Syafii, Retnawati, Titik, dan Arisandy, Aris M. “Peningkatan Hasil Belajar Materi Transformasi Energi melalui Model Problem-Based Learning.” Prosiding National Conference for Ummah (2020): 1–6.

Sahfitri, Dewi, Sutarin, Nurmairina, dan Kusumawati Br Silalahi, Elisa. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Konteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Energi Alternatif.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 11, no. 2 (2023): 102–110.

Zulfah, N.L.N., Purnamasari, S., dan Abdurrahman, D. “Implementasi Problem Based Learning Terintegrasi Education for Sustainable Development untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa pada Topik Energi.” Jurnal Kajian Pendidikan IPAS 4, no. 1 (2024): 1–12.

Published

2025-10-11

How to Cite

Wiseza, F. C., & Marza, I. (2025). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Alam Adiba Tebo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(2), 165–192. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1169

Most read articles by the same author(s)