Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Alam Adiba Tebo
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1169Keywords:
Problem-Based Learning, Hasil belajar, Energi alternatif, Keaktifan siswa, Berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi alternatif di Sekolah Alam Adiba Tebo. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 19 siswa kelas VI. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keaktifan dan capaian belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Temuan ini menegaskan bahwa model PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran IPAS untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Downloads
References
Azzahra, Hana Putri. Keefektifan Model Pembelajaran Problem- Based Learning Berbantuan Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Energi Alternatif. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2024.
Hutagalung, Marisa D. W. “Implementasi Model Tindakan dalam Penelitian Kelas Berbasis Refleksi untuk Perbaikan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 8846–8853.
Kusbahtiar, Muhammad Ghofar, Djazilan, M. Syafii, Retnawati, Titik, dan Arisandy, Aris M. “Peningkatan Hasil Belajar Materi Transformasi Energi melalui Model Problem-Based Learning.” Prosiding National Conference for Ummah (2020): 1–6.
Sahfitri, Dewi, Sutarin, Nurmairina, dan Kusumawati Br Silalahi, Elisa. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Konteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Energi Alternatif.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 11, no. 2 (2023): 102–110.
Zulfah, N.L.N., Purnamasari, S., dan Abdurrahman, D. “Implementasi Problem Based Learning Terintegrasi Education for Sustainable Development untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa pada Topik Energi.” Jurnal Kajian Pendidikan IPAS 4, no. 1 (2024): 1–12.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.





