PENGARUH PENGETAHUAN AGAMA DAN PERTIMBANGAN MORAL TERHADAP AGRESIVITAS SISWA MAN KABUPATEN BUNGO

Authors

  • Fitria Carli Wiseza Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Muara Bungo
  • Novi Riani Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.109

Abstract

Pendidikan harus dapat membantu peserta didik untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berakhlak mulia, dapat hidup bersama orang lain dan memiliki ketrampilan dalam mengaplikasikan ilmunya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana pengaruh pengetahuan Agama dan pertimbangan moral terhadap agresivitas siswa. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel Multistage random Sampling, terpilih MAN 1, MAN 3 dan MAN Labor sebanyak 580 siswa serta jumlah sampel melalui rumus Tuckman sebesar 263 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi,  kuesioner serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui uji t dan anova. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh pengetahuan agama terhadap agresivitas siswa MAN Kabupaten Bungo, (2) terdapat pengaruh pertimbangan moral terhadap agresivitas siswa MAN Kabupaten Bungo, (3) terdapat pengaruh pengetahuan agama dan pertimbangan moral terhadap agresivitas siswa MAN Kabupaten Bungo. Semakin tinggi Pengetahuan agama dan pertimbangan moral yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka semakin minim perilaku agresivitas siswa.

 

Kata kunci: Pengetahuan Agama, Pertimbangan Moral dan Agresivitas Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Mohd dan Asrori Mohd. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara, 2004.

Anderson Lorin W And David R. Krathwoh. A. Taxonomi For Learning, Teaching and Assessing : A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objecteves. New York: Addison Wsley Longman,Inc, 2001.

Azwar Saifuddin. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustakawa Pelajar, 2000.

Barger Robert N. “A Summy of Lawrence Kohlberg’s Stages of Moral Developmnet†Makalah. Notre Dame: University of Notre Dame, 2000.

Budiningsih. Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Bruce W. Tuckman. Conducting Educational Research, Second Edition. New York: Harcourt Brace Jovanavich, Inc, 2000.

Elizabeth Hurlock B. Perkembangan Anak, Jilid 4, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 2000.

Gilliland et.al. Theories and Stategies in Counseling and Psychoteraphy. New Jersey: Prentice Hall Inc, 1999.

Harapan Ponpon. “Agresi Pada Remaja “Makalah disampaikan pada seminar Tindakan Kekerasan dan Agresi di Kalangan Anak dan Remaja. Bandung 07 Sepetember 1991.

Mark Ruth. Aggression. 2002 (http://specialed.about.com/cs/behavior encourders/a/aggression.html).

Mahfuzh Jamaluddin. Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001.

Sears David o.et.al. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga, 1991.

Sudjana. Metode Statistik. Bandung: Tarsito, 2001.

Yusuf Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Downloads

How to Cite

Wiseza, F. C., & Riani, N. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN AGAMA DAN PERTIMBANGAN MORAL TERHADAP AGRESIVITAS SISWA MAN KABUPATEN BUNGO. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 79–99. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.109

Most read articles by the same author(s)