PENGARUH PENGETAHUAN AGAMA DAN PERTIMBANGAN MORAL TERHADAP AGRESIVITAS SISWA MAN KABUPATEN BUNGO
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.109Abstract
Pendidikan harus dapat membantu peserta didik untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berakhlak mulia, dapat hidup bersama orang lain dan memiliki ketrampilan dalam mengaplikasikan ilmunya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana pengaruh pengetahuan Agama dan pertimbangan moral terhadap agresivitas siswa. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel Multistage random Sampling, terpilih MAN 1, MAN 3 dan MAN Labor sebanyak 580 siswa serta jumlah sampel melalui rumus Tuckman sebesar 263 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui uji t dan anova. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh pengetahuan agama terhadap agresivitas siswa MAN Kabupaten Bungo, (2) terdapat pengaruh pertimbangan moral terhadap agresivitas siswa MAN Kabupaten Bungo, (3) terdapat pengaruh pengetahuan agama dan pertimbangan moral terhadap agresivitas siswa MAN Kabupaten Bungo. Semakin tinggi Pengetahuan agama dan pertimbangan moral yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka semakin minim perilaku agresivitas siswa.
Â
Kata kunci: Pengetahuan Agama, Pertimbangan Moral dan Agresivitas Siswa.
Downloads
References
Ali Mohd dan Asrori Mohd. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara, 2004.
Anderson Lorin W And David R. Krathwoh. A. Taxonomi For Learning, Teaching and Assessing : A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objecteves. New York: Addison Wsley Longman,Inc, 2001.
Azwar Saifuddin. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustakawa Pelajar, 2000.
Barger Robert N. “A Summy of Lawrence Kohlberg’s Stages of Moral Developmnet†Makalah. Notre Dame: University of Notre Dame, 2000.
Budiningsih. Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Bruce W. Tuckman. Conducting Educational Research, Second Edition. New York: Harcourt Brace Jovanavich, Inc, 2000.
Elizabeth Hurlock B. Perkembangan Anak, Jilid 4, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 2000.
Gilliland et.al. Theories and Stategies in Counseling and Psychoteraphy. New Jersey: Prentice Hall Inc, 1999.
Harapan Ponpon. “Agresi Pada Remaja “Makalah disampaikan pada seminar Tindakan Kekerasan dan Agresi di Kalangan Anak dan Remaja. Bandung 07 Sepetember 1991.
Mark Ruth. Aggression. 2002 (http://specialed.about.com/cs/behavior encourders/a/aggression.html).
Mahfuzh Jamaluddin. Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001.
Sears David o.et.al. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga, 1991.
Sudjana. Metode Statistik. Bandung: Tarsito, 2001.
Yusuf Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.