IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING VIDEO AT FIRST SEMESTER OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDENTS OF STAI YASNI MUARA BUNGO
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v5i1.97Abstract
Â
Berbicara (speaking) merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan selama mengajar, permasalahan yang dihadapi sebagian besar mahasiswa pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) adalah banyaknya mahasiswa yang mendapat nilai yang tidak memuaskan. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang mempunyai pengetahuan Bahasa Inggris secara baik, sehingga sulit mengekspresikan ide lewat komunikasi berbahasa Inggris. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini untuk menerangkan seberapa jauh strategi menggunakan video bisa meningkatkan ketrampilan menerangkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan ketrampilan berbicara mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 kali pertemuan. Penelitian ini adalah siswa mahasiswa semester satu pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara dan setiap akhir siklus diberikan test. Dalam mengumpulkan data peneliti dibantu oleh seorang dosen Bahasa Inggris sebagai kollaborator. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa ketrampilan berbicara meningkat setelah menggunakan video. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni, materi, media, aktivitas kelas, pengelolaan kelas, strategi guru dan pendekatan guru. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan video mampu meningkatkan ketrampilan berbicara mahasiswa pada semester satu Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) STAI Yasni Muara Bungo.
Â
Kata Kunci : Video, Peningkatan, Ketrampilan Berbicara
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.