Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Wayang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Ad-Dhuha

Authors

  • Rina Juliana Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Dedi Yuisman Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Mualimin Mualimin IAI Yasni Bungo Jambi
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muhammad Ridho Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.267

Keywords:

Media Wayang, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia  siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Ad-dhuha dusun Purwasari yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar belajar siswa dan rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal itu dikarenakan dalam proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis and Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Ad-dhuha dusun Purwasari, yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah pengetahuan, imgatan, pemahaman, menjelaskan, meringkas, menerapkan, menguraikan, merencanakan, menilai. Hasil pengamatan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berupa media wayang telah memenuhi indicator keberhasilan penelitian yaitu 70% pada masing-masing indicator hasil belajar.persentase hasil belajar siswa pada prasiklus adalah 43,47%,  pada siklus I menunjukkan 47,82%, dan pada siklus II mencapai 82,60%, sehingga sudah memiliki tingkat keberhasilan dengan predikat baik. Berdasarkan hipotesis tindakan yang dilakukan maka penggunaan media wayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ad-dhuha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi Dan Joko. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Faizun. 2012. Kurikulum Bahan Perkuliah Prodi Stkip Jombang. Jombang: STKIP.
Kenastiti, Putri. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Todong Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii Sd 2 Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA.
Ngadino. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran, Surakarta: Pendidikan Profesi Guru FKIP UNS.
Novita Mona. 2018. PTK Tidak Horor. Surabaya: CV.Pustaka Media Guru.
Pemerintah Indonesia.2003. Undang –Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Jakarta : Sekretariat Negara.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridwan A.S dan sudirman. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tanggerang; Tira Smart.

Downloads

Published

2021-06-13

How to Cite

Juliana, R., Yuisman, D., Mualimin, M., Wiseza, F. C., & Ridho, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Wayang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Ad-Dhuha. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 89–106. https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.267

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>