Pengaruh Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Rina Juliana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dedi Yuisman Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.566

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru adalah strategi pemecahan masalah, yang melibatkan menyelesaikan masalah yang tidak biasa dan yang siswa tidak tahu cara menyelesaikannya. Penelitian ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di MAN 1 Padangsidimpuan dalam bidang fikih berkorelasi dengan strategi pembelajaran pemecahan masalah. Mengacu pada konteks penelitian di atas, keuntungan yang diharapkan oleh peneliti adalah guru akan memiliki kemampuan untuk menerapkan strategi pembelajaran pemecahan masalah secara inovatif dalam proses pembelajaran mereka. Tujuan penelitian dicapai melalui penerapan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Metode pengambilan data melalui angket dan arahan Untuk menguji validitas, rumus digunakan korelasi pearson product moment, sedangkan rumus alpha croanbach digunakan untuk uji reliabilitas. Ada korelasi sederhana dan korelasi ganda yang digunakan untuk menganalisis data. Jumlah hubungan variabel strategi pembelajaran pemecahan masalah dengan hasil belajar siswa adalah 0,870, dengan kontribusi variabel X1 dengan Y 75,69%, dan variabel tambahan 24,31%. Menurut rancangan penelitian, peneliti menemukan bahwa keberhasilan belajar siswa sangat bergantung pada strategi pembelajaran pemecahan masalah yang diterapkan guru. Ini disebabkan oleh fakta bahwa siswa sudah memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mengeksplorasi, menginvestigasi, menduga, dan akhirnya menemukan solusi untuk masalah yang ditimbulkan oleh guru mereka di bidang studi fikih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Ahmad. “Hubungan Disiplin Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Kebebasan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo.” FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 13, no. 1 (2020): 44–58. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i1.60.

Effendi, Effendi, Mursilah Mursilah, and Mujiono Mujiono. “Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa.” Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences 10, no. 1 (2018): 17–23. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131.

Hanum, Latifah. “Analisis Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 36–54. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.5.

Hulaimi, Ahmad, and Khairuddin. “Model Pembelajaran Problem Based Introduction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar ( Pendekatan Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam Di Sekolah ).” Jurnal Penelitian Tarbawi 6, no. 2 (2021): 46–58.

Irnawati, Irnawati, Yusrizal Efendi, and Mega Adyna Movitaria. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2021): 81–88. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.144.

Jabnabillah, F, and N Margina. “Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring.” Jurnal Sintak 1, no. 1 (2022): 14–18. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/23%0Ahttps://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/download/23/23.

MARDIAH, NILA. “Rekrutmen, Seleksi Dan Penempatan Dalam Perspektif Islam.” Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam 1, no. 2 (2016): 223–35. http://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/47.

MAskuri, Ahmadi. “Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional” 5, no. 1 (2024): 1–14. https://doi.org/10.35316/lahjah.v5i1.01-14.

Murdiana, I Nyoman. “Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika.” Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2015): 1–11.

Pratama, Yoga Anjas. “Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4, no. 1 (2019): 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718.

Prayanti, Ni Putu Dewi, I Wayan Sadra, and I Gusti Putu Sudiarta. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Tebuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas Vii SMP Sapta Andika Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3, no. 3 (2014): 1–10.

Trinova, Zulvia. “Implementation of Problem Solving Methods in the Learning of Islamic Religious Education (Pai) Students of Class Vi Elementary School Implementasi Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar.” CERDAS Proklamator 9, no. 1 (2021): 53–59.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Juliana, R., & Yuisman, D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Siswa. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 97–118. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.566

Most read articles by the same author(s)