Pengaruh Metode CIRC Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa

Authors

  • Rina Juliana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dedi Yuisman Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.662

Keywords:

Metode Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Video Interaktif, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa. Metode CIRC adalah metode pembelajaran kooperatif yang menekankan pada pemahaman bacaan dan keterampilan menulis melalui kegiatan terstruktur dalam kelompok. Dengan bantuan video interaktif, metode ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mempelajari Al-Qur'an Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Muara Bungo yang dipilih sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode CIRC berbantuan video interaktif. Analisis data dilakukan dengan uji statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan metode CIRC berbantuan video interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung 2,56 lebih besar dari t tabel 1,645 Artinya Ho ditolak dan Ha diterima adanya pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa yang diajar menggunakan metode CIRC berbantuan video interaktif  dibandingkan dengan metode konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode CIRC berbantuan video interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, sehingga disarankan untuk diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis al Qur’an Siswa di SDN Tanah Kali Kedinding V Surabaya. El-Banat, 9(2), 177–196.

Anis Zohriah, Hikmatul Fauzjiah, Adnan, M. shofwan M. N. B. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah Volume, 5, 704–713. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.5305

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Ariawan, V. A. N., & Kuswendi, U. (2023). Implementasi model CIRC dengan media power point terhadap keterampilan menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas VI. COLLASE (Creative of …, 06(03), 401–408. http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/17653%0Ahttp://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/17653/5973

Arsyam, M., & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17

Damayanti, R. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran CIRC dan TTW terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. Journal on Teacher Education, 5(2015), 146–158.

Fauziah, I. (2021). Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Pembelajaran Alquran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Innovative, 8(1), h.4.

Febriyanti, M., Hindun, H., & Juliana, R. (2022). Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal, 5(1), 15–29. https://doi.org/10.30631/ies.v5i1.36

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Lusiani, N. W. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Siswa …. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2019), 541–552. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/308

Maha, L. N., Halimah, S., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Al-Quran Hadits. Research and Development Journal of Education, 8(1), 417–423.

Misi, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model CIRC pada Siswa Kelas III SDK Roworeke 1 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Literasi Pendidikan Dan Humaniora, 6(3), 8–15.

Sulistiani, H., Dwi Putra, A., Rahmanto, Y., & Bagus Fahrizqi, E. (2021). Pendampingan dan Pelatihan pengembangan Media pembelajaran Interaktif Dan Video Editing Di SMKN 7 Bandar Lampung. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 160–166. https://lampung.rilis.id/tim-pkm-uti-universitas-terbaik-di-lampung-sampaikan-4-materi-untuk-guru-smkn-

Zulham, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 533–547. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.275

Published

2025-04-21

How to Cite

Juliana, R., & Yuisman, D. (2025). Pengaruh Metode CIRC Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(1), 1–26. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.662

Most read articles by the same author(s)