Pengaruh Metode CIRC Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.662Keywords:
Metode Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Video Interaktif, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa. Metode CIRC adalah metode pembelajaran kooperatif yang menekankan pada pemahaman bacaan dan keterampilan menulis melalui kegiatan terstruktur dalam kelompok. Dengan bantuan video interaktif, metode ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mempelajari Al-Qur'an Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Muara Bungo yang dipilih sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode CIRC berbantuan video interaktif. Analisis data dilakukan dengan uji statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan metode CIRC berbantuan video interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung 2,56 lebih besar dari t tabel 1,645 Artinya Ho ditolak dan Ha diterima adanya pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa yang diajar menggunakan metode CIRC berbantuan video interaktif dibandingkan dengan metode konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode CIRC berbantuan video interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, sehingga disarankan untuk diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Aminah, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis al Qur’an Siswa di SDN Tanah Kali Kedinding V Surabaya. El-Banat, 9(2), 177–196.
Anis Zohriah, Hikmatul Fauzjiah, Adnan, M. shofwan M. N. B. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah Volume, 5, 704–713. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.5305
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Ariawan, V. A. N., & Kuswendi, U. (2023). Implementasi model CIRC dengan media power point terhadap keterampilan menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas VI. COLLASE (Creative of …, 06(03), 401–408. http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/17653%0Ahttp://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/17653/5973
Arsyam, M., & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17
Damayanti, R. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran CIRC dan TTW terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. Journal on Teacher Education, 5(2015), 146–158.
Fauziah, I. (2021). Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Pembelajaran Alquran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Innovative, 8(1), h.4.
Febriyanti, M., Hindun, H., & Juliana, R. (2022). Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal, 5(1), 15–29. https://doi.org/10.30631/ies.v5i1.36
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Lusiani, N. W. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Siswa …. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2019), 541–552. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/308
Maha, L. N., Halimah, S., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Al-Quran Hadits. Research and Development Journal of Education, 8(1), 417–423.
Misi, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model CIRC pada Siswa Kelas III SDK Roworeke 1 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Literasi Pendidikan Dan Humaniora, 6(3), 8–15.
Sulistiani, H., Dwi Putra, A., Rahmanto, Y., & Bagus Fahrizqi, E. (2021). Pendampingan dan Pelatihan pengembangan Media pembelajaran Interaktif Dan Video Editing Di SMKN 7 Bandar Lampung. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 160–166. https://lampung.rilis.id/tim-pkm-uti-universitas-terbaik-di-lampung-sampaikan-4-materi-untuk-guru-smkn-
Zulham, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 533–547. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.275
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.