Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun

Authors

  • Dedi Yuisman Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Rina Juliana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Noviriani Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.494

Keywords:

Pelaksanaan, Pembelajaran BTQ, Suku Anak Dalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II, proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II, evaluasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan untuk menganalisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil temuan peneliti, dapat diambil kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam belum maksimal disebabkan karena guru belum berpengalaman dan merencanakan. Proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam juga berdampak karena guru tidak merencanakan apa yang harus dicapai. Evaluasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an dilakukan perminggu dengan menguji anak satu persatu membaca, menulis al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri Marzali. Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Jakarta: Kencana, 2005.

Asra, R., Naswir, M., Kalsum, U., & Lestari, A. P. Peningkatan Kualitas Pendidikan untuk Anak Suku Anak Dalam di Dusun Selapik, Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), (2018):1–8.

Astuti, Rini. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Attention Deficit Disosder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis.” Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 7 Edisi 2 (2013) Doi: https/doi.org/10.21009/JPUD.072

Budi Vrihaspathi Jauhuri dan Arislan Said, Jejak Perdaban Suku Anak Dalam, “Perjalanan Upaya Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Pedalaman Jambi.” Merangin Jambi: LSM Kopsad. (2013).

Islamiyah, Fajriyatul. Fridani, Lara & Supena, Asep. “Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 3 Issue 1 (2019);30-38. ISSN: 2549-8959

Lexy J. Meleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Melalatoa J. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995.

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Rosady Ruslan. Metode Penelitian (Publik Relations dan Komunikasi). Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.

Sinaga, L. Y., & Rustaman, N. Y. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Anak Dalam Provinsi Jambi terhadap Perladangan di Hutan Taman Nasional Bukit Duabelas sebagai Sumber Belajar Biologi. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 761–76

Sri Maharani dan Izzati, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini , Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020. H. 1289. ISSN: 2614-3097

Sugiyono. Metodologi Penelitia Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Yuisman, D., Juliana, R., & Noviriani. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 61–73. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.494

Most read articles by the same author(s)