Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.494Keywords:
Pelaksanaan, Pembelajaran BTQ, Suku Anak DalamAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II, proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II, evaluasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam di Desa Pematang Kabau II. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan untuk menganalisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil temuan peneliti, dapat diambil kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam belum maksimal disebabkan karena guru belum berpengalaman dan merencanakan. Proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an bagi anak Suku Anak Dalam juga berdampak karena guru tidak merencanakan apa yang harus dicapai. Evaluasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an dilakukan perminggu dengan menguji anak satu persatu membaca, menulis al-Qur’an.
Downloads
References
Amri Marzali. Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Jakarta: Kencana, 2005.
Asra, R., Naswir, M., Kalsum, U., & Lestari, A. P. Peningkatan Kualitas Pendidikan untuk Anak Suku Anak Dalam di Dusun Selapik, Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), (2018):1–8.
Astuti, Rini. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Attention Deficit Disosder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis.” Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 7 Edisi 2 (2013) Doi: https/doi.org/10.21009/JPUD.072
Budi Vrihaspathi Jauhuri dan Arislan Said, Jejak Perdaban Suku Anak Dalam, “Perjalanan Upaya Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Pedalaman Jambi.” Merangin Jambi: LSM Kopsad. (2013).
Islamiyah, Fajriyatul. Fridani, Lara & Supena, Asep. “Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 3 Issue 1 (2019);30-38. ISSN: 2549-8959
Lexy J. Meleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Melalatoa J. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995.
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Rosady Ruslan. Metode Penelitian (Publik Relations dan Komunikasi). Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.
Sinaga, L. Y., & Rustaman, N. Y. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Anak Dalam Provinsi Jambi terhadap Perladangan di Hutan Taman Nasional Bukit Duabelas sebagai Sumber Belajar Biologi. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 761–76
Sri Maharani dan Izzati, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini , Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020. H. 1289. ISSN: 2614-3097
Sugiyono. Metodologi Penelitia Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.