Membentuk Akhlak Anak dengan Menghafal dan Tadabbur Al-Quran di Madrasah Alam Ya Bunayya Muara Bungo

Authors

  • Awaluddin Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muhammad Solihin Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Noviriani Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.508

Keywords:

Membentuk Akhlak, Menghapal, Tadabbur Al-Qur’an

Abstract

Al-Qur’an sebagai kitab suci pedoman hidup yang dijaga keasliannya oleh Allah SWT dengan banyak cara, salah satunya adalah melalui para penghafal al-Qur’an yang dipilih untuk menjaga kalam Allah yang Mulia di dalam fikiran dan hatinya. Oleh karena itu, banyak Madrasah yang berbasis Islam mengadakan program hafalan al-Quran sebagai salah satu program unggulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  penerapan metode al Jawarih di Madrasah Alam Ya Bunayya Bungo dan mengetahui implikasi metode al Jawarih dalam menghafal dan mempelajari al Qur’an terhadap akhlak santri di Madrasah Alam Ya Bunayya Bungo. Metode penelitan ini adalah deskriptif kualitatif.Penelitian ini di RA Alam Yaa Bunayya. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan menghafal ayat-ayat al Qur’an dengan menggunakan gerakan, tadabbur makna ayat perkata dan keseluruhan, dan implementasi memahami kandungan ayat dengan cara visual secara langsung membuat pembelajaran tahfidz sangatlah menyenangkan, tidak membosankan, dan sangat berkesan bagi para peserta didik di Madrasah Alam Ya Bunayya Bungo. Dan dari proses pembelajaran tersebut peserta didik merasakan kehadiran Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha penyayang selalu memberikan kebaikan-kebaikan kepada manusia sehingga muncullah rasa berkasih sayang sesama manusia serta syukur yang di aplikasikan dengan mengerjakan sholat, mengaji, belajar yang baik, berbuat kebajikan kepada orangtua guru dan kawan-kawan di Madrasah maupun di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, Ayumardi DKK. Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja. Jakarta: Wacana Ilmu, 2001.

Kurniawan, Yudha, dan Hindarsih, Tri Puji. Character Building Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Yogyakarta: Pro-U Media, 2013.

Muhammad Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran” Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Ke Islaman: Fitrah, Vol. 03:(2) Desember 2017.

Novi Irwan Nahar. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial: Nusantara, Vol.1 Desember 2016.

Rahman, Irfan. Optimalisasi Seluruh Potensi Anggota Tubuh Untuk Menghafal Al Qur’an Metode Al Jawarih. Padang: Pers, 2015.

Rusfi, Adriano. Menumbuhkan dan Merawat Fitrah Keimanan. Bogor: Salamuda Creative, 2021.

Shihab, Quraish. Yang Hilang Dari Kita Adalah Akhlak. Jakarta : Lentera Hati, 2016.

Shihab,Quraish. Al-Qur’an Dan Maknanya. Jakarta: Lentera Hati, 2013.

Suhendi, Dkk. Belajar Bersama Alam. Bogor: Bumi Manusia, 2022.

Wahab, Gusnarib, dan Rosmawati. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indramayu: Adab, 2021.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Awaluddin, Solihin, M., & Noviriani. (2024). Membentuk Akhlak Anak dengan Menghafal dan Tadabbur Al-Quran di Madrasah Alam Ya Bunayya Muara Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(2), 255–264. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.508