Membentuk Akhlak Anak dengan Menghafal dan Tadabbur Al-Quran di Madrasah Alam Ya Bunayya Muara Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.508Keywords:
Membentuk Akhlak, Menghapal, Tadabbur Al-Qur’anAbstract
Al-Qur’an sebagai kitab suci pedoman hidup yang dijaga keasliannya oleh Allah SWT dengan banyak cara, salah satunya adalah melalui para penghafal al-Qur’an yang dipilih untuk menjaga kalam Allah yang Mulia di dalam fikiran dan hatinya. Oleh karena itu, banyak Madrasah yang berbasis Islam mengadakan program hafalan al-Quran sebagai salah satu program unggulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode al Jawarih di Madrasah Alam Ya Bunayya Bungo dan mengetahui implikasi metode al Jawarih dalam menghafal dan mempelajari al Qur’an terhadap akhlak santri di Madrasah Alam Ya Bunayya Bungo. Metode penelitan ini adalah deskriptif kualitatif.Penelitian ini di RA Alam Yaa Bunayya. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan menghafal ayat-ayat al Qur’an dengan menggunakan gerakan, tadabbur makna ayat perkata dan keseluruhan, dan implementasi memahami kandungan ayat dengan cara visual secara langsung membuat pembelajaran tahfidz sangatlah menyenangkan, tidak membosankan, dan sangat berkesan bagi para peserta didik di Madrasah Alam Ya Bunayya Bungo. Dan dari proses pembelajaran tersebut peserta didik merasakan kehadiran Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha penyayang selalu memberikan kebaikan-kebaikan kepada manusia sehingga muncullah rasa berkasih sayang sesama manusia serta syukur yang di aplikasikan dengan mengerjakan sholat, mengaji, belajar yang baik, berbuat kebajikan kepada orangtua guru dan kawan-kawan di Madrasah maupun di rumah.
Downloads
References
Azra, Ayumardi DKK. Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja. Jakarta: Wacana Ilmu, 2001.
Kurniawan, Yudha, dan Hindarsih, Tri Puji. Character Building Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Yogyakarta: Pro-U Media, 2013.
Muhammad Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran” Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Ke Islaman: Fitrah, Vol. 03:(2) Desember 2017.
Novi Irwan Nahar. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial: Nusantara, Vol.1 Desember 2016.
Rahman, Irfan. Optimalisasi Seluruh Potensi Anggota Tubuh Untuk Menghafal Al Qur’an Metode Al Jawarih. Padang: Pers, 2015.
Rusfi, Adriano. Menumbuhkan dan Merawat Fitrah Keimanan. Bogor: Salamuda Creative, 2021.
Shihab, Quraish. Yang Hilang Dari Kita Adalah Akhlak. Jakarta : Lentera Hati, 2016.
Shihab,Quraish. Al-Qur’an Dan Maknanya. Jakarta: Lentera Hati, 2013.
Suhendi, Dkk. Belajar Bersama Alam. Bogor: Bumi Manusia, 2022.
Wahab, Gusnarib, dan Rosmawati. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indramayu: Adab, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.