Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.504Keywords:
Kesiapan, Guru PAI, Modul AJar, Kurikulum MerdekaAbstract
Modul ajar merupakan alat yang digunakan dalam menerapkan kurikulum merdeka. Guru Pendidikan Agama Islam dituntut harus mampu menyusun dan mengembangkan modul ajar dengan baik. Proses pembelajaran yang tidak merencanakan modul ajar dengan baik sudah dapat dipastikan penyampaian konten kepada siswa tidak sistematis, sehingga pembelajaran terjadi tidak seimbang antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dalam Menyusun modul ajar pada pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kepustakaan dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengeksplor data melalui review literature, membaca, mengkaji, menncatat dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, buku yang relevan dengan modul ajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan content analysis. Temuan pada penelitian ini Kesiapan guru PAI dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka sudah cukup siap, hal yang dilakukan guru dalam menyusun modul ajar diantaranya menganalisis kondisi dan kebutuhan guru dan siswa Kemudian guru harus mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila, menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), menyusun Modul Ajar berdasarkan komponen yang tersedia kemudian melakukan evaluasi mengenai efektivitas modul ajat yang digunakan sekaligus menentukan tindak lanjut pada pembelajaran berikutnya. Sekolah atau madrasah selaku pemangku kebijakan serta pelaksana dalam proses pembelajaran sehingga harus menfasilitasi kepada guru PAI untuk melakukan bimtek atau pelatihan berkala yang diadakan oleh kementerian agama maupun dari dinas luar serta guru melakukan belajar mandiri terkait kurikulum merdeka melalui beberapa platform yang sudah disediakan.
Downloads
References
Afista, Yeyen, Ali Priyono, and Saihul Atho Alaul Huda. “Analisis Kesiapan Guru PAI Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar (Studi Kasus Di MTSN 9 Madiun).” Journal of Education and Management Studies 3, no. 6 (2020): 53–60. https://www.ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/338.
Aini, Khikmatul, and Riza Yonisa Kurniawan. “Pengembangan E-Modul Dengan Strategi 5M Merdeka Belajar Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Ekonomi.” OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi VI, no. Vol 6 No 2 (2022): 145–58. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5480.
Andari, Eni. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS).” Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (2022): 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694.
Andina, Faiza Nur Andina, Nataria Wahyuning Subayani, and Ismail Marzuki. “Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Js (Jurnal Sekolah) 7, no. 3 (2023): 392. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.44647.
Arifin, Zainal & Muhammad Ainul Yaqin. “Kompetensi Pedagogik Pendidik Dalam Perspektif Al.” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 17, no. 21 (2019): 422.
Dini, Fabiana, Prawingga Nesri, Yosep Dwi Kristanto, and Universitas Sanata. “Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-Mail : Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 Memberikan Banyak Peluang Bagi Dunia Pendidikan Untuk Be.” Aksioma 9, no. 3 (2020): 480–92.
Farhana, Ika. Memerdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka. Bogor: Lindan Bestari, 2022.
Fatimatul, Syaiful Huda, NoKhikmiyahurma Yunita, ) Program, Studi Pendidikan, Profesi Guru, and Fakultas Keguruan. “Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Untuk Guru Paud Di Kabupaten Gresik.” MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 6 (2022): 2082–91. http://ditpsd.kemdikbud.go.id.
Findeisen, S., Deutscher, V. K., & Seifried, J. “Fostering Prospective Teacher’s Explaining Skills During University.” Education-Evaluation of a Training Module Higher Education 81 (5) (2021): 1097–1113.
Fitri, Ainil, Liza Efriyanti, and Rifka Silmi. “Pengembangan Modul Ajar Digital Informatika Jaringan Komputer Dan Internet Menggunakan Canva Di Sman 1 Harau.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 7, no. 1 (2023): 33–38. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.5999.
Indarti, Anik. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Metode Forum Group Discussion Smp Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.” Jurnal Jispendiora 2, no. 1 (2023): 93–107.
Larawan, L. “Acceptability of Teacher-Made Modules in Production Management.” International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR) 1 (2) (2013): 10–22.
M YusufNurfitriani, Oriza, Noor Aziz, Amin Nugroho, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu, Universitas Sains, Al- Qur, Mts Al, and Pageruyung Kabupaten Kendal. “Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Kabupaten Kendal.” Jurnal Profesi Pendidikan Dan Keguruan 1, no. 1 (2023): 1–5.
Marlina, Emas. “Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp).” Journal of Community Dedication 3, no. 1 (2023): 88–97.
Maulinda, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi 5, no. 2 (2022): 130–38.
Mukhlishina. Innany, Danawaty. Murtias Galuh, Wijayaningputri. Arinta Rezty. “No Title.” Penerapan Modul Ajar Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur 4 No 1 (2023): 126. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/307/308.
Murti, Kharina, Hery Kresnadi, and Siti Halidjah. “Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas IV Kurikulum Merdeka Materi Indonesiaku Kaya Budaya Di SDN 24 Pontianak Timur.” Journal on Education 06, no. 01 (2023): 6801–8.
Nasution, S.W. “Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar,” 135–42. Jurnal Mahesa Center, 2022. http://doi.org/10.34007/ppd.vlil.181.
Nisa, Choirun, Iqbal Valentino Zulfan, Muhamad Taufik Hidayat, Achmad Januar Arifin, and Rofi Anwar Syaputra. “Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru Mim Pk Tegalampel, Karangdowo, Klaten.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 42–51. https://doi.org/10.37567/pkm.v3i1.1849.
Nomor, Volume, and Evi Rizqi Salamah. “Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Siswa Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2023): 28–35. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/307/308.
Noviantari, Ika, and Degi Alrinda Agustina. “Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 6, no. 1 (2023): 465. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71154.
Nugraha, Tono Supriatna. “Inovasi Kurikulum,” 2022, 250–61.
Nurhayati, Pipih, Mario Emilzoli, and Dzikra Fu’adiah. “Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6, no. 5 (2022): 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047.
Rahmi, Elfita, Nurdin Ibrahim, and Dwi Kusumawardani. “Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan.” Visipena 12, no. 1 (2021): 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476.
Safira, Ain Nur, Ani Rakhmawati, and Muhammad Aditya Wisnu Wardana. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Batang.” Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 22, no. 2 (2023): 123–36. https://doi.org/10.21009/bahtera.222.01.
Salsabilla, Irmaliya Izzah, Erisya Jannah, and Juanda. “Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3, no. 1 (2023): 33–41.
Setiawan, Rahmat, Nukmatus Syahria, Ferra Dian Andanty, and Salim Nabhan. “Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya.” Jurnal Gramaswara 2, no. 2 (2022): 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.
Tk, Penggerak, Janneta Gebanganom, and Kabupaten Kendal. “1 , 2 , 3” 09, no. September (2023): 984–98.
Triana, Hana, Prima Gusti Yanti, and Dina Hervita. “Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9, no. 1 (2023): 504–14. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644.
Zahri, Mohammad, Husnul Fuad, and Subakir. “Kemampuan Menyusun Modul Ajar Guru Sd Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Bangkalan.” Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 7, no. 1 (2023): 93–106. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2848.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.