Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1160Keywords:
Berdiferensiasi, Pembelajaran, PendekatanAbstract
Keberagaman mahasiswa di perguruan tinggi—meliputi perbedaan gaya belajar, kemampuan, minat, dan latar belakang—menuntut pendekatan pembelajaran yang responsif dan fleksibel. Salah satu pendekatan yang relevan adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan menganalisis 11 artikel ilmiah terkait penerapan pendekatan berdiferensiasi di perguruan tinggi (2021–2025). Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan berdiferensiasi dapat diterapkan secara efektif di perguruan tinggi melalui berbagai strategi inovatif seperti Picture and Picture, Brain-Based Learning, dan integrasi teknologi; (2) penerapannya berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, keterlibatan mahasiswa, literasi keberagaman, kepercayaan diri, serta sikap moderasi beragama; dan (3) terdapat peluang luas untuk mengintegrasikan pendekatan ini dengan model pembelajaran lain (seperti PBL, PjBL, atau blended learning) serta memperluasnya ke kegiatan ekstrakurikuler. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan berdiferensiasi layak dikembangkan lebih lanjut sebagai respons terhadap keragaman dan kebutuhan belajar di perguruan tinggi.
Downloads
References
Ade Sintia Wulandari. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 3 (2022): 682–89. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620.
Adnyana, Ketut Suar. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Mahasiswa Semester Iii, Program Studi Pgsd, Fkip, Universitas Dwijendra.” Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni 12, no. 1 (2023): 109–25. https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3463.
Al., Hafsyah Mulyani et. “METODIK DIDAKTIK : Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar : Tinjauan literatur sitematis dan analisis bilbiometrik” 20, no. 1 (2024): 15–25.
Ambarwati, Dyah Arum, dan Puguh Darmawan. “Pemahaman Tentang Keberagaman Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum.” Jurnal MIPA dan Pembelajarannya 4, no. 7 (2024). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i7.2024.5.
Cakrawati, Dewi Kiani. “Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.” Pengembangan media pembelajaran PJOK berbasis Web di kelas IV SD 19, no. 2 (2023): 17–28.
Fadhlina Harisnur, dan Suriana. “Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Genderang Asa: Journal of Primary Education 3, no. 1 (2022): 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440.
Imtias Alma Dicky Putri. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Mahasiswa Pjkr Kelas E Ppg Universitas Pgri Semarang Gelombang Ii Tahun 2024” 10 (2024): 1–23.
J⊘rgensen, Matias Thuen, dan Lena Brogaard. “Using differentiated teaching to address academic diversity in higher education Empirical evidence from two cases.” Learning and Teaching 14, no. 2 (2021): 87–110. https://doi.org/10.3167/latiss.2021.140206.
Juliantari, Ni Kadek. “dan Pengajarannya Pembelajaran berdiferensiasi untuk penguatan moderasi beragama dalam MKWK bahasa Indonesia pada PTKH ( Differentiated learning to strengthen religious moderation in Indonesian MKWK at PTKH ).” Kembara 9, no. 1 (2023): 189–203.
Listiani, Ivayuni. “Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Brain Based Learning.” Geoducation: Journal of Geography Education Universitas Siliwangi 3, no. 2 (2022): 61–65.
Moallemi, Robyn. “The relationship between differentiated instruction and learner levels of engagement at university.” Journal of Research in Innovative Teaching and Learning 17, no. 1 (2024): 21–46. https://doi.org/10.1108/JRIT-07-2022-0041.
Qorib, Muhammad. “Analysis the Impact of Differentiated Instruction on Critical Diversity Literacy in Inclusive Education.” Aksaqila International Humanities and Social Sciences [AIHSS] Journal 3, no. 1 (2024): 1–19. https://doi.org/10.30596/aihss.v3i1.502.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Pewara Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.





