Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu

Authors

  • Wahyuni Ahadiyah Universitas Islam Lamongan
  • Nicky Estu Putu Muchtar Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.493

Keywords:

Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah yang memiliki program-program yang dapat menunjang keberhasilan dalam membimbing siswanya agar mampu membaca al-Qur’an. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Ummi di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? 2) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? Jenis penelitian ini berupa penelitian korelasional. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga yaitu penerapan metode Ummi di MA Ma'arif Puter Kembangbahu yang dibuktikan dengan hasil angket menunjukkan nilai sebesar 76,8% dan skor ini tergolong baik, nilai siswa kemampuan membaca Al-Qur'an di MA Ma'arif Puter Kembangbahu yang dibuktikan dengan hasil tes menunjukkan nilai 82,9% dan nilai ini tergolong baik, pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada MA Ma'arif Puter Kembangbahu terdapat pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdal. “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 1. No. 1. 2016.

Ash-shaabuuniy, Muhammad Ali. Studi Ilmu Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia. 2008.

Foundation, Ummi. Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Surabaya: Ummi Foundation. 2013.

Hasunah, Umi dan Alik Roichatul Jannah. “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2. 2017.

Hernawan, Didik. “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an”. Jurnal Studi Islam. Vol. 19. No.1. 2018.

Muhid, Abdul. Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press. 2018.

Musafa’ah, Suqiyah. Dkk. Studi Al-Qur’an. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press. 2011.

Pengajar, Guru. “KKM Kurikulum 2013 Revisi 2018”, Guru Pengajar, 2021, https://gurupengajar.com/kkm-kurikulum-2013.html#

Purwaka, Sigit. “Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta II dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat Yogyakarta (Studi Komparasi Metode Iqra’ Dan Metode Ummi)”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. Xiv. No. 2. 2017.

Saputra, Rendy Rinaldy. Dkk. “Analisis Hubungan Penerapan Metode Ummi Dengan Kemampuan Baca Qur’an Siswa SDIT Khoiru Ummah Liwa”, Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. Vol. 1. No. 1. 2018.

Rifa‘I, Ahmad dan Muhammad Nasir, ”Efektivitas Metode Ummi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Alquran Siswa TPA Desa Pugaan Kecamatan Pugaan”. Jurnal Ilmiah Al QALAM. Vol. 12. No. 2. 2018.

UNESCO: Minat Baca Buku di Indonesia (Jakarta: VIVA.co.id, 18 November 2022).

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1545379-unesco-minat-baca-buku-di-indonesia-urutan-ke-60-dari-61-negara.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ahadiyah, W., & Muchtar, N. E. P. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MA Ma’arif Puter Kembangbahu. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 42–60. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.493