Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.493Keywords:
Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur'anAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah yang memiliki program-program yang dapat menunjang keberhasilan dalam membimbing siswanya agar mampu membaca al-Qur’an. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Ummi di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? 2) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? Jenis penelitian ini berupa penelitian korelasional. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga yaitu penerapan metode Ummi di MA Ma'arif Puter Kembangbahu yang dibuktikan dengan hasil angket menunjukkan nilai sebesar 76,8% dan skor ini tergolong baik, nilai siswa kemampuan membaca Al-Qur'an di MA Ma'arif Puter Kembangbahu yang dibuktikan dengan hasil tes menunjukkan nilai 82,9% dan nilai ini tergolong baik, pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada MA Ma'arif Puter Kembangbahu terdapat pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Downloads
References
Afdal. “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 1. No. 1. 2016.
Ash-shaabuuniy, Muhammad Ali. Studi Ilmu Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia. 2008.
Foundation, Ummi. Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Surabaya: Ummi Foundation. 2013.
Hasunah, Umi dan Alik Roichatul Jannah. “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2. 2017.
Hernawan, Didik. “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an”. Jurnal Studi Islam. Vol. 19. No.1. 2018.
Muhid, Abdul. Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press. 2018.
Musafa’ah, Suqiyah. Dkk. Studi Al-Qur’an. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press. 2011.
Pengajar, Guru. “KKM Kurikulum 2013 Revisi 2018”, Guru Pengajar, 2021, https://gurupengajar.com/kkm-kurikulum-2013.html#
Purwaka, Sigit. “Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta II dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat Yogyakarta (Studi Komparasi Metode Iqra’ Dan Metode Ummi)”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. Xiv. No. 2. 2017.
Saputra, Rendy Rinaldy. Dkk. “Analisis Hubungan Penerapan Metode Ummi Dengan Kemampuan Baca Qur’an Siswa SDIT Khoiru Ummah Liwa”, Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. Vol. 1. No. 1. 2018.
Rifa‘I, Ahmad dan Muhammad Nasir, ”Efektivitas Metode Ummi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Alquran Siswa TPA Desa Pugaan Kecamatan Pugaan”. Jurnal Ilmiah Al QALAM. Vol. 12. No. 2. 2018.
UNESCO: Minat Baca Buku di Indonesia (Jakarta: VIVA.co.id, 18 November 2022).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.