Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nilai Tasamuh di SMPN 1 Lamongan

Authors

  • Moch Faizin Muflich Universitas Islam Lamongan
  • Nicky Estu Putu Muchtar Universitas Islam Lamongan
  • Anni Fatimatus Sholikhah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.574

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Guru PAI , Nilai Tasamuh

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam penguatan nilai tasamuh. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sistem pembelajaran yang di lakukan guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan sikap peserta didik memiliki rasa saling memahami dan menghargai di antar sesama manusia Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama islam dalam penguataan nilai tasamuh di SMPN 1 Lamongan di mulai dengan perencanaan penyusunan kurikulum, prota, promes, silabus dan RPP serta perencanan kegiatan tahunan dan perencaanaa kegiatan bantuan sosial. sedangkan pada pelaksanaan penguatan nilai tasamuh di bagi menjadi tiga tahap, yang pertama adalah tahap pendahuluan. Kedua adalah tahap inti yang meliputi strategi pembelajaran aqidah inklusif, pembelajaran dengan metode kooperatif dan melalui kegiatan keagamaan kemudian untuk kegiatan evaluasi dalam penguatan nilai tasamuh meliputi penilaian kognitif afektif  dan psikomotorik. Untuk faktor pendukung guru PAI dalam penguatan nilai tasamuh Rasa kesadaran yang tinggi Kepeduli sosial, Lingkungan pembelajaran yang mendukung Sedangkan faktor penghambat yang di rasakan oleh guru PAI dalam penguatan nilai tasamuh  adalah Lemahnya peserta didik dalam memahami pentingnya nilai tasamuh. berita hoax yang meraja rela dari berbagai media, kurangnya pemahaman dari masing-masing orang tua mengenai peran orang tua dalam membimbing anaknya untuk melakukan toleransi. Maka upaya tindak lanjut untuk mengatasi hambatan yakni dengan pemberian pemahaman mendasar dan  mendalam terkait dengan nilai-nilai tasamuh serta pemberian nasihat - nasihat serta pemberian bimbingan secara terus menerus oleh semua elemen yang ada di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar,. Jakarta: PT. Renika Cipta, 2004.

Abudin Nata. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2014.

Akhmad Muhaimin Azzet. Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Amar, Abu. “Telaah Kritis Atas Kompetensi Toleran Dalam Kurikulum Program Keagamaan Madrasah Aliyah.” Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam 13, no. 2 (2021): 166–83.

Andi Fitriani Djollong, Anwar Akbar. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan.” Jurnal Al-Ibrah 8, no. 1 (2019): 72–92.

Ary Donald. An Invintantion to Research,in Social Education. Bacerly Hills: Sage Publication, 2002.

Burhanudin. Akhlak Pesantren Solusi Bagi Kerusakan Akhlak. Yogyakarta : ITTAQA Press, 2021.

Fauzi, Rahmat, Ali Marzuki Zebua, and Ican Mandala. “Tasamuh Value As Conflict Resolution In Multickultural Society.” Edugma: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 8, no. 2 (2022): 2614–0217. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i2.2515.

Hakielimu. Who Is a Teacher? Quality Teachers for Quality Education. Tanzania: Dar es Salam, t.t., 2015.

Hamzah. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Irwan Maduqi. Berislam Secara Toleran: Teologi Kerukunan Umat Beragama. Bandung: Mizan Media Utama, 2011.

Kemedikbud. Kompetensi Dasar Kurikulum 2013, 2013.

Lexy. J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018.

M., Gunawan D. R. Internalisasi Nilai Tasamuh Dan Tawazun Dalam Membentuk Karakter Pada Siswa MTs Ma’arif NU Kota Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang, 2022.

M Furqon Hidayatullah. Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas. Surakarta, Yuma Pustaka, 2010.

Masruroh, Sayidah Afyatul. “Internalisasi Nilai Tasamuh Dalam Tubuh Organisasi Masyarakat Pada Ormas Nu, Muhammadiyah Dan Ldii Di Desa Jogoroto.” Menara Tebuireng 15, no. 01 (2019): 22.

Michael, Robert heinich and. Intructional Technology Ang Media for Learning. New Jersey, Pearson Prectice hall, 2005.

Miles Mathew B, A Michael Hubermas and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Method Saurcebook (3rd Ed.). California: Sage Publication, 2014.

Muhammad Naufal. “Aksi Intoleran Di Sekolah Jakarta, Guru Larang Murid Pilih Ketua Osis Non Muslim Hingga Paksa Siswi Berjilbab.” Kompas.Com, 2022.

Mulyono dan Ismail. Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Yogyakarta: CV. Adi Karya Mandiri, 2018.

Mustaqim, Mujahidil. “Analisis Nilai-Nilai Toleransi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16, no. 1 (2019): 75–94. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-05.

Nugraha, Citra Cahaya, E. Tajuddin Noor, and Taufik Mustofa. “Menanamkan Sikap Toleransi Pada Masyarakat Multikultural Dalam Persfektif Tafsir Al-Azhar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021): 745–51. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1799.

Rahmawati. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Tindakan Bullying Anatr Siswa Di Madrasah ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuantan Mudik Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.” JOM FTK UNIKS 4, no. 1 (2023): 415–22.

Reigeluth, Charles M. Meaningfulness and Intruction: Relating What Is Being Learned to What a Student Knows. New York: Syracuse University, 1983.

Sa’ud, Udun Syaefudin. Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: Yogyakarta: CV. Adi Karya Mandiri, 2018.

Safitri, Rizki Nur. “Pengaruh Nilai Toleransi Keluarga Dan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Karakter Toleransi Anak.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 08, no. 03 (2020): 947–61.

Shilviana, Khusna, and Tasman Hamami. “Pengembangan Kegiatan Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler.” Palapa 8, no. 1 (2020): 159–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705.

Solichin, Mohammad Muchlis. “Pendidikan Islam Moderat Dalam Bingkai Kearifan Lokal.” Jurnal Mudarrisuna 8, no. 1 (2018): 174–94.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sutjihati Somantri. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama, 2007.

Thariq Modanggu. Model Rembug Dalam Membangun Toleransi Umat Beragama. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Lingbang dan Diklat Kementerian RI, 2015.

Umi Sumbullah & Nurjannah. Prulalisme Agama: Makna Lokalitas Pola Kerukunan Antar Umat Beragama. Malang, UIN Malik Press, 2013.

Wahyunianto, S. Impelentasi Pembiasaan Diri Dan Pendidikan Karakter:(Sebagai Pengantar. Deepublish, 2019.

Zainuddin. Pluralisme Agama. Malang, UIN Malik Press, 2010.

Zuhairini dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Muflich , M. F., Muchtar , N. E. P., & Sholikhah , A. F. (2024). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nilai Tasamuh di SMPN 1 Lamongan. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(2), 188–210. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.574