Nilai-Nilai Kepemimpinan dalam Kisah Al-Qur’an (Studi Tafsir Al-Maraghi Pada Kisah Thalut Qs. Baqarah 246-252)

Authors

  • Faizatul Munna Universitas Islam Lamongan
  • Nicky Estu Putu Muchtar Universitas Islam Lamongan
  • Hendriyadi Hendriyadi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.1002

Keywords:

Kepemimpinan, Kisah, Thalut

Abstract

Penelitian ini berjudul Nilai-nilai Kepemimpinan dalam Kisah Al-Qur’an (Studi Tafsir Al-Maraghi pada Kisah Thalut QS. Baqarah 246-25) mengunakan jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui apa saja term pemimpin dalam Al-Qur’an, Untuk mengetahui nilai-nilai kepemimpinan dalam kisah Thalut pada Tafsir Al-Maraghi.Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai kepemimpinan Islam yang terkandung dalam kisah Thalut dengan kondisi umat Islam saat ini. Hasil dari penelitian ini,  yang pertama adalah terdapat beberapa term kepemimpinan yaitu: khilafah, imamah, dan ulil amri. Yang kedua dari kisah Thalut ini ditemukan beberapa nilai-nilai kepemimpinan pendidikan islam yang meliputi: berilmu luas, ikhlas dan beriman. Kemudian yang ketiga Relevansi Nilai-nilai Kepemimpinan Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Kisah Thalut dengan Kondisi Umat Islam Saat Ini yaitu: Thalut yang dianugerahi ilmu pengetahuan oleh Allah SWT. dapat membawanya memimpin sebuah kaum yang besar (Bani Israil), Keikhlasan diimplementasikan dengan keteguhan hati dan rasa optimis yang tergambar dalam kisah Thalut. Ketiga nilai-nilai kepemimpinan Pendidikan Islam dalam kisah Thalut dapat direlevansikan ke zaman sekarang. Seorang pemimpin saat ini seharusnya berbekal dengan nilai-nilai kepemimpinan Thalut. Dengan begitu, kesejahteraan dan kemakmuran yang menjadi tujuan visi dan misi dalam kepemimpinan dapat terwujud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Baqi, Muhammad Fuad. Al-Mu’jam Al-Mufahros Lil Alfazil Qur’an. Beirut: Darul Ma’rifat, 1992.

Ad-Dumaiji, Abdullah. Konsep Kepemimpinan dalam Islam. Diterjemahkan oleh Umar Mujtahid. Jakarta: Ummul Qura, 2017.

Al-Ashfahan, Al-Raghib. al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Khazanah Fawaid, 2017.

Al-Maraghi, Ahmad Mushtafa. Tafsir Al-Maraghi. Mesir: Maktabah Wahbah, 1946.

Andesta, Yeni. “Nilai-Nilai Kepemimpinan Pendidikan Lafran Pane.” An-Nizom 2, no. 6 (2021): hlm.75.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Fahmi Khumaini, dan Rz. Ricky Satria Wiranata. “Pembinaan Karakter Siswa.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2019): 1–17.

Garwan, Muh. Sakti. 3 Terminologi Pemimpin Menurut M. Quraish Shihab. Bogor: Guepedia, 2021.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian. Batu: Literasi Nusantara, 2020.

Jaelani, Aan. Masyarakat Islam dalam Pandangan al-Mawardi. Bandung: Pustaka Setia, 2018.

Khalil, Adil Muhammad. Tadabur Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2018.

Nasiruddin, Nasiruddin. Kisah Keadilan Para pemimpin Islam. Jakarta: Penerbit Republika, 2021.

Nurdin, Nurdin. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Rais, Muhammad Dhiyauddin. Teori Politik Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 2010.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Supriyadi, Dedi. Perbandingan Fiqh Siyasah (Konsep Aliran dan Tokoh-Tokoh Politik Islam). Bandung: Pustaka Setia, 2020.

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Munna, F., Muchtar, N. E. P., & Hendriyadi, H. (2025). Nilai-Nilai Kepemimpinan dalam Kisah Al-Qur’an (Studi Tafsir Al-Maraghi Pada Kisah Thalut Qs. Baqarah 246-252). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(1), 82–111. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.1002