Pelaksanaan Pembinaan Program Belajar Malam (Muwajjah) untuk Peningkatan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Desa Sakatiga Indralaya Ogan Ilir

Authors

  • Muhammad Isa Ridwan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Saipul Annur Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.634

Keywords:

Pelaksanaan, Belajar Malam, Muwajjah, Hasil Belajar

Abstract

Pelaksanaan program belajar di dalam suatu lembaga pendidikan berawal pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Di dalam pondok pesantren Raudhatul Ulum ada yang dinamakan dengan program belajar malam (muwajjah), dengan tujuan meningkatkan kualitas belajar santri. Namun di dalam proses muwajjah tersebut para santri kurang disiplin terhadap waktu yang telah ditetapkan, sehingga kurang efisien pada pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan, strategi dan faktor yang mempengaruhi program belajar malam di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga. Metode yang digunakan berjenis kualitatif dengan sifat field research dan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil yang didapatkan adalah pada pelaksanaan muwajjah agar berjalan dengan baik, maka semua pihak baik itu guru dan wali kelas ikut bertanggung jawab dengan aturan yang sudah direncanakan dan dijadwalkan. Kemudian faktor pendukung muwajjah adalah pengkondisian iklim muwajjah yang oleh guru dan wali kelas, untuk faktor penghambat adalah kelelahan dikarenakan santri dari pagi sampai sore hari telah mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif ; Teori dan Praktik, Jakarta : Pt. Bumi Aksara, 2014.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Pt. Bumi Aksara.

J. Moleong, Lexy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhajirah (2020). “Basic of Learning Theory (Behaviorism, Cognitivism, Constructivism, and Humanism)”. International Journal of Asian Education. 01, (01).

Sugiyono. (2016 ). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaukani, dkk (2004). Otonomi Dalam Kesatuan. Yogyakarta: Yogya Pustaka.

Thoha, Miftah. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Ridwan, M. I., Annur, S., & Astuti, M. (2024). Pelaksanaan Pembinaan Program Belajar Malam (Muwajjah) untuk Peningkatan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Desa Sakatiga Indralaya Ogan Ilir. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 177–187. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.634