Pelaksanaan Pembinaan Program Belajar Malam (Muwajjah) untuk Peningkatan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Desa Sakatiga Indralaya Ogan Ilir
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.634Keywords:
Pelaksanaan, Belajar Malam, Muwajjah, Hasil BelajarAbstract
Pelaksanaan program belajar di dalam suatu lembaga pendidikan berawal pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Di dalam pondok pesantren Raudhatul Ulum ada yang dinamakan dengan program belajar malam (muwajjah), dengan tujuan meningkatkan kualitas belajar santri. Namun di dalam proses muwajjah tersebut para santri kurang disiplin terhadap waktu yang telah ditetapkan, sehingga kurang efisien pada pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan, strategi dan faktor yang mempengaruhi program belajar malam di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga. Metode yang digunakan berjenis kualitatif dengan sifat field research dan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil yang didapatkan adalah pada pelaksanaan muwajjah agar berjalan dengan baik, maka semua pihak baik itu guru dan wali kelas ikut bertanggung jawab dengan aturan yang sudah direncanakan dan dijadwalkan. Kemudian faktor pendukung muwajjah adalah pengkondisian iklim muwajjah yang oleh guru dan wali kelas, untuk faktor penghambat adalah kelelahan dikarenakan santri dari pagi sampai sore hari telah mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Downloads
References
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif ; Teori dan Praktik, Jakarta : Pt. Bumi Aksara, 2014.
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Pt. Bumi Aksara.
J. Moleong, Lexy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhajirah (2020). “Basic of Learning Theory (Behaviorism, Cognitivism, Constructivism, and Humanism)”. International Journal of Asian Education. 01, (01).
Sugiyono. (2016 ). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaukani, dkk (2004). Otonomi Dalam Kesatuan. Yogyakarta: Yogya Pustaka.
Thoha, Miftah. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.