Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Children Learning In Science (CLIS) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/jitipa.v1i1.557Keywords:
Minat Belajar, Children Learning In ScienceAbstract
Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan, peneliti menemukan permasalahan yaitu kurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah proses peningkatan minat belajar siswa di kelas dan bagaimanakah hasil penerapan model children learning in science untuk meningkatkan minat belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII MTS Nurul Islam Bungo tahun ajaran 2022-2023. Model penelitian yang digunakan adalah model Children Learning In Science. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Refleksi, (4) Perencanaan Ulang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi, lembaran wawancara, dokumentasi dan lembaran angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan dengan menggunakan model Children Learning In Scince. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kenaikan presentase jumlah siswa yang memenuhi KKM dari kondisi awal (Pra siklus) sebesar 31,8%, meningkat pada pada siklus 1 menjadi 52,8% dan pada siklus 2 pertemuan 1 sebesar 79% dan pertemuan ke 2 sebesar 93,6%.