Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i2.1078Keywords:
kompetensi pedagogik, motivasi kerja, guru, prestasi belajarAbstract
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh keduanya, yaitu kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, yang terdiri atas 12 madrasah. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru MTs Swasta se-Kecamatan Bojong Gede yaitu berjumlah 60 orang (sampling jenuh). Penelitian kuantitatif ini adalah eksperimen (pengujian) kuantitatif yang bertujuan untuk mengembangkan dan menggunakan model matematis, teori-teori, dan hipotesis yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan melalui uji validitas, uji reliabilitas dan normalitas. Hipotesis dalam penelitian ini diolah dengan uji koefisien determinasi, regresi linier berganda, dan uji T. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa MTs Se-Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor sebesar 74,4%, sedangkan sisanya 25,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Kata kunci: kompetensi pedagogik, motivasi kerja, guru, prestasi belajar
Downloads
References
Danim, Sudarwan, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, (Bandung: Alfabeta, 2013)
Fathurrohman, P & Aa Suryana, Guru Profesional, (Bandung: PT Refika Aditama, 2012)
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2009)
Herzberg, Frederick, The Motivation to Work, (New York: John Wiley & Sons, 1959)
Indra, Syukri, Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa di SMK Farmako Medika Plus Caringin Bogor, (Tesis: IAIN Surakarta, 2016)
Irawati, Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Huda PekanBaru, (Tesis: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2014)
Joshi, S. & Srivastava, R., Self-Esteem And Academic Achievement Of Adolescents, (Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 2009)
Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009)
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru
Purwanto, N., Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Sadulloh, Uyoh, dkk., Pedagogik (Ilmu Mendidik), (Bandung: Alfabeta, 2015)
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015)
Sugiyono, S., Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), (Bandung: Alfabeta, 2017)
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, H. B., Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017)
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, (Yogyakarta: Media Abadi, 2014)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







