Pengaruh Keteladanan Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Etika Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bungo Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bungo)

Authors

  • Devi Puji Lestari Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Noviriani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sungkowo Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i1.638

Keywords:

Keteladanan Guru, Budaya Sekolah dan Etika Siswa

Abstract

Pendidikan bagi siswa bersumber dari konsep-konsep yang ada dalam ajaran Islam, etika sangat berkaitan dengan diri, orang tua, guru, teman dan masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru (X1) terhadap etika siswa (Y) serta budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y) serta keteladanan siswa dan budaya sekolah terhadap etika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif metode survey, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji anova. Pada penlitian ini populasi sebanyak 48 siswa, sampel yang diambil adalah kseluruhan siswa yaitu 48. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuisioner), observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS didapatkan nilai pada uji t X1 terhadap Y yaitu thitung sebesar 12,683. Maka diketahui bahwa thiting (12,683) > ttabel (2,05183) dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru (X1) berpengaruh terhadap etika siswa (Y) atau Ha diterima dan Ho ditolak serta hasil dari nilai korelasi (r) adalah 0,951,hal tersebut menunjukkan bahwa antara keteladanan guru (X1) terhadap etika siswa (Y) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Kemudian nilai uji t pada X2 terhadap Y yaitu thitung sebesar 12,300. Maka diketahui bahwa thitung (12,300) > ttabel (2,05183) dapat disimpulkan bahwa budaya sekolah (X2) berpengaruh terhadap etika siswa (Y) atau Ha diterima dan Ho ditolak serta hasil dari nilai korelasi (r) adalah 0,944, hal tersebut menunjukkan bahwa antara budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Selanjutnya nilai uji anova pada X1 dan X2 terhadap Y yaitu nilai sig 0,824 maka diketahui bahwa sig 0,824 > 0,05 maka keteladanan guru (X1) dan budaya sekolah (X2) berpengaruh terhadap etika siswa (Y) atau Ha diterima dan Ho ditolak serta hasil dari nilai korelasi (r) adalah 0,972, hal tersebut menunjukkan bahwa antara keteladanan guru (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh posituf dan signifikan antara keteladanan guru (X1) terhadap etika siswa(Y) serta ada pengaruh positif dan signifikan antara budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y)  dan terdapat juga pengaruh positif dan signifikan antara keteladanan guru (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Al-Hadi Media Kreasi, 2014.

Budi Harjo, The Civilized School (Pengembangan dan Imlementasi Kurikulum Sekolah), Penerbit Ruang Tentor.

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Nuril Furkan, Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2019.

Doni Koesoema A. Pendidikan Karakter Berbasis Kultural Sekolah. Depok: PT Kanisius, 2018.

Syeiks Umar Bin Ahmad Baradjah, “Etika Peserta Didik Terhadap Guru” Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 01, no.02, Mei 2021.

Yusuf Sobirin, Etika Qur’an, Bogor: PT Pusaka Litera Antar Nusa,1993.

Syeiks Umar Bin Ahmad Baradjah, “Etika Peserta Didik Terhadap Guru” Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 01, no.02, Mei 2021.

Karso, “Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah”, Prosiding Seminar Nasional, Universitas PGRI Palembang.

Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Sri Lestari, Pengembangan Karakter (Berbasis Budaya Sekolah) Semarang: Cv. Pilar Nusantara Semarang, 2020.

Muhammad Irfan Aziz an Ria Fjrin Rizqy Ana, “Peran Budaya Sekolah dalam Membangun Karater Religius Siswa Kelas 5 SDIT Surya Melati Bandung Tulung agung” vol.2, no.2, Mei 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2022.

Satria Artha Pratama dan Rita Intan Permatasari, “Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia, Jurnal Ilmiah M. Progres, Vol.11, NO.1, Januari 2021

Downloads

Published

2024-04-10

How to Cite

Puji Lestari, D., Noviriani, & Sungkowo. (2024). Pengaruh Keteladanan Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Etika Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bungo Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bungo). MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 2(1), 1–25. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i1.638