Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas X (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattah Bungo)

Authors

  • Erwindi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Noviriani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sungkowo Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i2.643

Keywords:

Model Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata Pelajaran fikih materi pengurusan jenazah dikelas X MA Al-Fattah Sungai Binjai Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Experiment dengan desain Pre experiment (non-desain). dan bentuk dari desainnya adalah pretest postest one grup design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh populasi dari siswa kelas X di MA Al-Fattah Sungai Binjai dengan jumlah subyek penelitian 15 responden, penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja tanpa adanya kelas perbandingan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika analitik. Dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (Model Project Based Learning) dan variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Kemudian data peneliti dari dua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan peneliti. Peneliti melakukan Pretest dan Postest untuk memperoleh data variabel X dan Variabel Y. Dari Hasil analisis statistik dengan paried sample t-test dengan mengunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai t tabel sebesar 1,753. Dengan frekuensi (dk) sebesar 15-1=14 pada taraf signifikan 0,05% diperoleh -4.381. oleh karena itu -t hitung < - t tabel pada taraf signifikan 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menerapkan model project-based learning terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI. Alquran dan Terjemahannya. Surabaya: Nur Ilmu, 2021.

Alfan, Ahmad, dkk. Buku Siswa Fikih. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2014.

Arief, Armai. Reformulasi Pendidikan Islam. Ciputat: CRSD Press, 2020.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendidikan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2021.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendidikan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2022.

Aziz, Farhan, Aktualisasi TTB Teori Taksonomi Bloom. Bandung: 2020.

Kuasairi, Sentot. Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme dan Kendala-kendala Implementasi (FMIPA UM, 2019).

Martala Sari dan Jeli Apriani “Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa VII dalam Konsep Sistem pernapasan di SMPN 2 Gunung Salihan” Jurnal Ilmiah, 2014, Diakses pada tanggal 14 November 2023.

Prabowo, Candra Tri. “Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Las Lanjut Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan” (Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2015).

Refika Aditama, Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2021.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Saifuddin Azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 20018.

Sastrika, Ida Ayu K dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dalam Keterampilan Berpikir Kritis. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol. 3, 2013.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2021.

Sudijono, Ana. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2022.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset, 2019.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Suharmi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2021.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Sutirman. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Logos Wacana, 2020.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenada Media, 2014.

UU Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 28 C ayat (1) (Jakarta: Sinar Grafika, 2016).

V. Wiratna Sujarweni. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2020.

Wena Made. Strategi Pembelajaran Inovatif kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2019.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Erwindi, Noviriani, & Sungkowo. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas X (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattah Bungo). MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 2(2), 50–74. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i2.643