Model Inside-Outside Cricle dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Dini Indiana Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ibermarza Insitut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/elmadib.v2i2.444

Keywords:

Inside-Outside Cricle, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema berbagai pekerjaan materi IPS tentang jenis-jenis pekerjaan melalui model Inside-Outside Cricle. Yang mana dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa serta rendahnya perhatian siswa dalam memahami pembelajaran IPS.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2x pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109/II Manggis yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109/II Manggis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif. Hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan model Inside-Outside Cricle pada prasiklus hanya sebesar 30% atau 5 siswa yang tuntas, lalu mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 59% atau 10 siswa yang tuntas, dan pada siklus II sebesar 88% atau 15 siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model Inside-Outside Cricle yang telah dilakukan telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109/II Manggis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas Asyafah.” Menimbang Model Pembelajaran,’’ dalam Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education , vol. 6, no. 1.

Ahmad Rijali. “Analisis Data Kualitatif,” dalam Jurnal Alhadharah, vol. 17, no. 33.

Aisyah, Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2018, Cet.1.

Bachtiar S Bachri. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” dalam Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 10, no. 1.

Dadan Suryana.Teori dan Praktik Pembelajaran.Padang: UNP Press, 2013, Cet.1.

Ekawarna.Penelitian Tindakan kelas.Jakarta: Gaung Persada (GP Press), 2011, cet. 2.

Fenti hikmawati.Metodologi Penelitian. Depok : Rajawali Pers. 2019, cet. 3.

Fitri Carli Wiseza. Konsep IPS menuju guru IPS zaman now.Surabaya: Pustaka Media Guru, 2019, cet. 1.

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena, 2016, cet. 4.

Kementerian Agama RI. Alqur’an dan Terjemahannya.Jakarta: alfatih, 2002.

Laili Rahmi. Strategi Jitu Hipnotis Siswa Menyukai IPA. Syrabaya: CV. Pustaka Media Guru, 2018, cet. 1.

Marwan Fahrozi. “Penerapan M etodologi Think pair share (TPS) Dalam Meningatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI Di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung.” (Skripsi, Program Pascasarjana FTK UIN Raden Intan Lampung, 2018).

Mona Novita. PTK Tidak Horor. Surabaya: CV. Puataka Media Guru, 2018, cet. 1.

Muhaibin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2018, cet. 14.

Nana Sudjana.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010, cet. 10.

Novi Yanti Saputri.” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran IOC Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu Buddha dan Islam Kelas IV SD Negeri 101873 Dusun II Desa Baru Batang Kuis.” (Skripsi, Program Gelar Sarjana FITK UIN Sumatera Utara Medan, 2019).

Purwanto.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar,2016, cet. 6.

Satriani.“Meninkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Rantai Makanan dengan menggunakan Metode Picture And Picture di Kelas IV SDN 1 Labuan Lobo Kabupaten Tolitoli.” dalam Jurnal Kreatif Tddulako, vol. 4, no. 9..

Sinar. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Depublish, 2008, cet. 1

Sitti Syahlal. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X Kecantikan SMK Negeri 3 Kendari.” (Skripsi, Pogram Pascasarjana IAIN Kendari, 2017).

Slameto.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2018, cet. VI.

Sri Anita W, et.al. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009, cet. 7.

Suharsimi Arikunto, et al. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2014, cet. 12.

Yahya, Dwi Septiwiharti dan Imran. Meningkatkan HasilBelajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKN melalui Media Kliping di SD Inpres Despot Posona Kecamatan Kasimbar. Dalam Jurnal Kreatif Tadulako, vol. 1, no. 3.

Zakiah, Jamaludi dan Imran.“Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKN Melalui Metode Pemberian Tugas di SD Inpres 1 Kasimbar.” dalam Jurnal Kreatif Tadulako Online, vol. 1, no.2.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Indiana, D., Carli Wiseza, F., & Ibermarza. (2022). Model Inside-Outside Cricle dalam Meningkatkan Hasil Belajar . El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 94–112. https://doi.org/10.51311/elmadib.v2i2.444