Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Pengembangan UMKM Pada Industri Batik Aqira Melalui Media Digital Di Dusun Empelu Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v7i1.1006Keywords:
Pemasaran Syariah, UMKM, Batik, Media DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah diterapkan dalam pengembangan UMKM Batik Aqira serta memahami persepsi pelaku UMKM terhadap efektivitas media digital sebagai sarana promosi di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang melibatkan pemilik, karyawan, dan konsumen Batik Aqira sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran syariah yang diterapkan UMKM Batik Aqira mengacu pada nilai-nilai Islam seperti kejujuran, keadilan, amanah, dan keterbukaan dalam transaksi. Strategi ini terbukti efektif dalam membangun kepercayaan konsumen dan menciptakan identitas produk yang unggul secara spiritual dan etis. Di sisi lain, media digital seperti WhatsApp dan Facebook digunakan sebagai sarana promosi utama. Walaupun pemanfaatannya masih terbatas, media digital dinilai cukup efektif dalam memperluas jangkauan pemasaran, mempermudah komunikasi dengan pelanggan, serta meningkatkan visibilitas usaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara penerapan prinsip-prinsip syariah dan pemanfaatan media digital memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan pengembangan UMKM Batik Aqira. Untuk hasil yang lebih optimal, disarankan adanya peningkatan literasi digital, pemanfaatan platform pemasaran yang lebih luas, serta dukungan pelatihan berkelanjutan bagi pelaku UMKM.
Downloads
References
Amalina, N., Bachtiar, A., & Asmara, K, “Pengembangan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis bagi Pelaku Usaha Batik Baduta Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar,” Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol. 1, No. 3, 2023.
Amalina, Nafa, et al. “Pengembangan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis Bagi Pelaku Usaha Batik Baduta Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar,” (Disertasi, Universitas Negeri Malang, 2023).
Dwi, A. A, dan Dwi Susilowati, “Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang,” Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol.10, No. 10, 2019.
Hamdani. Manajemen UMKM: Teori dan Praktik (Bandung: CV Alfabeta, 2020).
Hidayah, N. Imsar, dan Atika, “Analisis Perkembangan Usaha Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal),” (EKSYA) Program Studi Ekonomi Syariah STAIN Madina, Vol.3, No. 2, 2022.
Lestari, D. Masruchin, dan Fitri Nur Latifah, “Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan,” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance Vol. 5, No. 1, 2022.
Merlyn, A., & Fasa, M. I. “Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Perbankan Syariah.” JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, Vol. 1, No.5, 2024.
Mulyani, S. dan Nur Asnawi, “Peran Strategis Kewirausahaan Dalam Pembangunan (Tinjauan Pendekatan Ekonomi Islam),” Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 8, No. 3, 2022.
Murni, S. dan Qurratu Humaira, “Analisis Peran Perempuan Dan Pemerintah Dalam Perkembangan UMKM Di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol. 5, No. 1, 2021.
Nasir, A. “Strategi Pengembangan UMKM Batik Menggunakan Bussines Model Canva Dan Analisis SWOT”, Vol. No. 9, 2023.
Nurdiyanto, Fendy “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kampoeng Batik Laweyan Kota Surakarta,” (Disertasi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2020).
Priyambodo, H. “Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kerajinan Batik Binaan PT. Pertamina Hulu Ulu Energi ONWJ Di Kota Cirebon,” Vol 1, No. 1, 2021.
Ulfyana, Tri. “Analisis Penerapan dan Pemahaman Prinsip Bisnis Sysriah Bagi UMKM Di Kota Baubau,” JISEF: Journal Of International Sharia Economics and Financial, Vol. 1, No.1, 2022.
Selas, Dini, et al. Strategi Pengembangan Merek untuk Batik Tulis Asthina Melalui Pemasaran Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, Vol. 5, No. 1, 2024.
Sari, N., Syari, R. L., & Rio. “Strategi pemasaran yang efektif untuk UMKM di era digital.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, Vol. 4, No. 1, 2025.