Analisis Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Pelaku UMK Tidak Memilih Pembiayaan Di Bank Syariah: Studi Kasus Pasar Tiku, Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam

Authors

  • Putri Enjelika UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Amsah Hendri Doni UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yuwarman Mansur UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Baginda Parsaulian UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v7i2.1112

Keywords:

Persepsi, pengetahuan, keputusan, UMK, PEMBIAYAAN SYARIAH

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di pasar tiku yang menggunakan pembiayaan di Bank Konvensional. Namun adanya suatu permasalahan pokok yang menarik perhatian penulis yaitu para pelaku usaha mikro kecil (UMK) masih rendahnya persepsi dan pengetahuan para pelaku usaha terhadap prinsip syariah dan produk yang ada di bank syariah, karna itu pelaku usaha mikro kecil di pasar Tiku masih menggunakan pembiayaan di bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi dan pengetahuan terhadap keputusan pelaku usaha mikro kecil tidak memilih pembiayaan di Bank Syariah. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dengan jumlah responden sebanyak 33 orang. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinan (R2), uji hipotesis (uji t) dan uji fisher (uji f) untuk melihat kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan uji T terdapat nilai sig persepsi yaitu 0,01 dan Thitung persepsi yaitu 24.770 sedangkan Ttabel sebesar 1,679 (Thitung 24.770 < Ttabel 1,697 dan sig 0,01< 0,05 dari hasil dapat diketahui bahwa H1 diterima. Dari uji T di dapatkan nilai sig pengetahuan yaitu 0,01 dan Thitung Pengetahuan 12.981 (Thitung 12.981> Ttabel 1,697 dan sig 0,01<0,05) dari hasil tersebut dapat kita ketahui bahwa H1 diterima dan Sesuai dengan uji F di dapatkan nilai sig 0.01 Fhitungnya 432.684, sedangkan Ftabel sebesar 3.316 (Fhitung 432.684 < Ftabel 3.316 dan sig 0,01 < 0,05. Dengan demikian dapat Kesimpulannya H1 diterima artinya Persepsi dan pengetahuan berpengaruh terhadap Keputusan Pelaku usaha mikro kecil di pasar tiku tidak memilih pembiayaan di Bank Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., & Arif, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Nasabah Akan Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Fasilitas Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah di Bank Syariah Indonesia Area Kota Medan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 1980-1991.

Akbar, F. M. A., Rosidta, A., & Lazuardi, A. (2024). Pengembangan Model Pembiayaan Syariah Untuk Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Ar Rasyiid: Journal of Islamic Studies, 2(1), 29-38.

Assael, H. (1998). Consumer Behavior and Marketing Action. Cincinnati: South Western College Publishing.

Biesriani, B., Arsa, A., & Habibah, A. (2025). PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN BAGI USAHA MIKRO DI MUARO BUNGO (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Muaro Bungo). MARGIN: Journal of Islamic Banking, 5(1), 140-159.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Faisal, S. (2004). Metode penelitian pendidikan.Surabaya: Usaha Nasional.

Pusat Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmawati, A., & Hamdan, A. (2021). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Religiusitas Terhadap Minat Penggunaan Produk-Produk Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Warugunung Surabaya). In International Conference On Islam Education Management and Sharia Economics (Vol. 2, No. 1, pp. 377-397).

Riofita, H. (2015). Perilaku organisasi. Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir. Robbins, S. P. (1998). Perilaku organisasi. Jakarta: PT Tembaga Baru. Robbins, S.P. (2007). Perilaku organisasi (Buku 1). Jakarta:Salemba Empat.

Sahir, S. H. (2021). Metode penelitian. Yogyakarta:KBM Indonesia.

Sari, M. D. (2023). Perilaku konsumen. Jawa Timur:Uwais Inspirasi Indonesia.

Wandira, A., Doni, A. H., Mansur, Y., Parsaulian, B. (2025). Analisis Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Nagari Sungai Limau Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Spektrum Ekonomi, 8(9), 1-10.

Downloads

Published

2025-11-07

How to Cite

Enjelika, P., Amsah Hendri Doni, Yuwarman Mansur, & Baginda Parsaulian. (2025). Analisis Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Pelaku UMK Tidak Memilih Pembiayaan Di Bank Syariah: Studi Kasus Pasar Tiku, Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 7(2), 122–138. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v7i2.1112