Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Religiusitas Dan Margin Keuntungan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v3i2.329Keywords:
keputusan pengambilan pembiayaan murabahah, pengetahuan nasabah, religiusitas, dan margin keuntungan.Abstract
Lembaga keuangan konvensional memang menjadi pilihan banyak orang namun tidak semua orang memilih lembaga tersebut. Sebagian malah lebih memilih lembaga bernuansakan islami untuk mengelola keuangan mereka salah satunya dalam hal pembiayaan Murabahah. Hal tersebut seperti yang terdapat di BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Mojokerto. Motivasi penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Pengetahuan Nasabah, Religiusitas dan Margin Keuntungan terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan murabahah di BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Mojokerto. Metode kuantitatif adalah teknik yang diterapkan dalam penyelidikan ini. Peneliti menggunakan nasabah pendanaan murabahah sebagai populasi, dan prosedur pengujian memakai teknik insidental sampling yang menghasilkan 79 orang sebagai sampel. Strategi untuk mengetahui data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini untuk variabel pengetahuan nasabah dan variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan, sedangkan variabel margin keuntungan mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Dengan tujuan nasabah mengambil pembiayaan murabahah didorong atas dasar kebutuhan modal dan pemahaman tingkat margin keuntungan.
Downloads
References
Antonio, Muhammad Syafii, Bank Syariah Dari Teori ke Praktek, Jakarta: Gema Insani, 2001. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2019.
Amstrong, Gary, dan Philip Kotler, Prinsip- Prinsip Pemasaran Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2018.
Engel, F. James, Blackwell, D, Roger, Miniard, Paul, Perilaku konsumen, Edisi 6 Jilid 1, Jakarta: Binarupa Aksara, 2002.
Karim, Adiwarman, Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Kotler, P dan Kevin Keller, Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 1, Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang, 2009.
Schiffman, Leon G, dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen, Ahli Bahasa Zoelkifli Kasip, Jakarta: PT. Indeks, 2005.
Setiadi, Nugroho. J, Perilaku Konsumen, Salatiga: C.V Andi, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2019.
Wiroso, Penghimpunan Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah, Jakarta: PT. Grasindo, 2005.