Analisis Tantangan Perbankan Syariah Dalam Pengembangan Pembiayaan

Authors

  • Alysia Qotrunnada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Yazid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v4i1.447

Keywords:

Perbankan Syariah, Pembiayaan, Tantangan

Abstract

Potensi perbankan syariah sebagai sarana untuk mengatasi masalah ekonomi dan memajukan kesejahteraan sosial telah terungkap, tetapi upaya aktual untuk menerapkan konsep tersebut telah hilang di lautan keinginan sistem ekonomi global yang tak terpuaskan. Pembiayaan yang efektif yang diberikan oleh bank syariah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pembiayaan yang tidak hanya ditujukan kepada perusahaan besar tetapi juga kepada masyarakat luas, yaitu pemilik usaha kecil yang membutuhkan modal awal, atau pembiayaan berorientasi konsumen yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat secara keseluruhan, seperti pembiayaan untuk kebutuhan pokok atau pembelian kendaraan pribadi bagi penduduk. Penelitian bertujuan untuk mengkaji mengenai analisis tantangan perbankan syariah dalam pengembangan pembiayaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif untuk mengungkap bagaimana perkembangan dana pensiun syariah yang relative tertinggal dengan lembaga keuangan syariah lainnya. Hasil dari penelitian adalah pembiayaan yang diberikan oleh perbankan syariah, termasuk yang diberikan oleh bank umum syariah (BUS) dan unit usaha syariah (UUS), sejauh ini lebih sering disalurkan ke UKM dibandingkan non-UKM. Dan juga pengetahuan masyarakat tentang keuangan syariah sangat rendah, sehingga sangat penting untuk meningkatkan sosialisasi secara komprehensif ke seluruh lapisan masyarakat agar dapat lebih mengenal keuangan syariah dan mencegah masyarakat mudah terbujuk untuk melakukan tindakan yang bertentangan dengan syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sri Mulyani, “ANALISIS MANAJEMEN PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada PT. Bank Syari’ah Mandiri, Tbk) 1),” AN-NISBAH:Jurnal Perbankan Syariah 1, no. 2 (2020): 89–105, https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/167/142.

Rahadi Kristiyanto, “Konsep Pembiayaan Dengan Prinsip Syariah Dan Aspek Hukum Dalam Pemberian Pembiayaan Pada Koperasi Jasa Simpan Pinjam Alfa Dinar,” Jurnal Law reform 5, no. 1 (n.d.): 99–117, https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/19410%0A.

Tri Inda Fhadila Rahma, “Perbankan Syariah I,” Buku Diktat (2019): 100–117, http://repository.uinsu.ac.id/5265/1/Diktat Tri Inda Fadhila Rahma.pdf.

Mariya Ulpah, “KONSEP PEMBIAYAAN DALAM PERBANKAN SYARIAH,” Madani Syari’ah 3, no. 2 (2020): 147–160, https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/issue/view/26.

Erlindawati, “PRINSIP MANAJEMEN PEMBIAYAAN SYARIAH,” iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 6, no. 1 (2017): 82–97, https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/96.

M Taufiq et al., “Produk Pembiayaan Perbankan Syari’Ah,” Asian-Pacific Economic Literature 2, no. 2 (1988): 48–64, http://jurnalrasailstebi.almuhsin.ac.id/jurnal/Edisi4/3. M. Taufiq.pdf.

Aisyah Ayu Musyafah, “Dasar Hukum Pembiayaan Dalam Perbankan Syariah,” Diponegoro Private Law Review 7, no. 2 (2020): 6.

Jozef Raco, Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya (Jakarta: Grasindo: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan (Bandung: Alfabeta, 2013).

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Qotrunnada, A., & Yazid , M. . (2022). Analisis Tantangan Perbankan Syariah Dalam Pengembangan Pembiayaan. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 4(1), 45–59. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v4i1.447