Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Pasca Pandemi di Sungai Bengkal Kabupaten Tebo Menurut Ekonomi Syariah

Authors

  • Novita Khoiriah Siregar Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muklisin Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v5i1.540

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pedagang Pasar, Pasar Tradisional, Pasca Pandemi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi pedagang pasar tradisional sungai bengkal pasca pandemic menurut ekonomi syariah adakah perbedaan pemasaran selama masa covid dengan masa setelah covid. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan penelitian arsip-arsip secara dokumen yang ada pada pasar tradisional sungai bengkal. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh pasca pandemic terhadap pedagang pasar tradisional daerah Sungai Bengkal memberikan dampak yang besar bagi perekonomian pasar serta memberikan pengaruh yang besar terhadap pendapatan/keuntungan, modal belanja, pembeli/konsumen, harga barang, dan jumlah barang yang terjual pedagang pasar tradisional daerah Sungai Bengkal. Selanjutnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional daerah Sungai Bengkal diklasifikasikan menjadi empat yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan juga strategi promosi. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Mujib, Manajemen Pemasaran Syariah, ( Surabaya: UMS Surabaya Publishing, 2018).

Ain Rahmi, Mekanisme Pasar Islam, (Vol.4, jurnal Ekonomi bisnis dan Kewirausahaan,2015)

Ainul Imronal, Struktur pasar dan persaingan harga pasar persaingan sempurna,(vol.1, jurnal ekonomi dan bisnis islam, 2020)

Arsip Kepala Pasar Tradisional Sungai Bengkal 2022

Avita Muji Rahayu, kebijakan pengelolahan pasar tradisional di kelurahan sungai bengkal kecamatan tebo ilir kabupaten tebo provinsi jamb,(skripsi, fakultas syariah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin jambi, jambi,2021)

Departemen agama RI, Al-qur’an dan Terjemahanya, (Bandung:Diponegoro,2008)

Dhika amalina kurniawan, pengantar pemasaran islam konsep, etika, strategi, dan implementasi, (ponorogo, universitas Darussalam gontor,2018)

Edi, pedagang mainan, wawancara 5 juli 2023

Emelia, Pedagang Sayuran Di Pasar Sungai Bengkal, Wawancara 29 Mei 2023

Fatih Ramdaniah, Strategi Pemasar Islam Dalam Meningkatkan Ekonomi Pedagang Di Pasar Baru Paiton Probolinggo, (Vol. 6, Jurnal Ekonomi Syariah, 2019)

Fatma lestari dkk, pengalaman Indonesia dalam menangani wabah covid-19, (Jakarta: BNPB,2020)

Ferdinand Situmorang, Strategi Pedagang Pasar Tradisional Dalam Menentukan Harga Jual Ikan Kakap Putih, (Vol. 12, No.2, Oktober 2021)

Haris Imawan, Analisis Strategi Pemasaran Syariah Dalam Penjualan Produk Bersaing Di Toko Saudi Store Batoh, (Skipsi, Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh,2019)

Husni Diana Sari, Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Di Pasar Senggol Desa Korleko, (Skripsi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, 2021)

Indra, pedagang sayur, wawancara 29 mei 2023

Istijabutal Aliyah, Pasar tradisional: kebertahanan pasar dalam konstelosi kota,(Surakarta:yayasan kita,2020)

Istijabutal Aliyah, Pasar tradisional: kebertahanan pasar dalam konstelosi kota,(Surakarta:yayasan kita,2020)

Ivan Rahmad Santoso, Ekonomi Islam,(Gorongtalo,UAG perss,2016),

Malfira rahma, Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Dalam Perspektif Ekonomi Islam (skripsi, ekonomi islam universitas muhammadiyah makasar, makasar, 2019)

Manurung , pedagang kelontong , wawancara 5 juli 2023

Marisa grace haque-fawzi dkk, Strategi Pemasaran konsep, teori dan implementasi, (banten, Pascal Books,2022)

Muhammad Irham Ilahi, Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Took Chocolicious Indonesia, (Skripsi, Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makasar, Makasar, 2019)

Najamuddin , Pengurus Pasar Sungai Bengkal, Wawancara 5 Juli 2023

Neneng rahmayeni, pedagang baju, wawancara 5 juli 2023

Nurhalimah, Pedagang Ikan Asin Di Pasar Tradisonal Sungai Bengkal, Wawancara 29 Mei 2023

Nurul Ulfa Hasanah, Skripsi Strategi Pemasaran Pada Pedagang Pakaian Selama Pandemic Covid-19 Di Pasar Rakyat Rengat Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah(Skripsi, Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim, Riau)

Rahmadi, pengantar metopologi penelitian, (Banjarmasin: antasari press,2011)

Reza Sosanto, identifikasi karakteristik pasar tradisional wilayah Jakarta selatan,(Vol.1, jurnal planesa,2010)

Sumber Data: Dokumentasi Kelurahan Sungai Bengkal : 2022

Suswati, pedagang kelontong, wawancra 04 juli 2023

Suwandi dkk, Kajian Al-qur’an dan sunnah rasulullah SAW,(Vol.16, jurnal Pasar Islam, 2016)

UU Republik Indonesia No 7 Tahun 2014, Tentang Perdagangan, (Bandung: Citra Umbara, 2006)

Wandara dkk,wabah corona virus covid-19,(Malang,vol.2, jurnal inovasi penelit,2021)

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Siregar, N. K., & Muklisin. (2024). Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Pasca Pandemi di Sungai Bengkal Kabupaten Tebo Menurut Ekonomi Syariah. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 5(1), 81–89. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v5i1.540