Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di Masa Pandemi Covid-19 pada Unit Pegadaian Syariah Kampung Solok Kabupaten Bungo

Authors

  • Fitri Wulandari Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v4i2.551

Keywords:

Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Pegadaian Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara perubahan sistem pelayanan di masa pandemi COVID-19 terhadap terhadap kepuasan nasabah Pegadaian Syariah Unit Kampong Solok, Di Kabupaten Bungo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian serta hasil analisis data yang diperoleh dengan SPSS 21, Metode yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel yaitu metode nonprobability sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. kesimpulan yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Unit Kampung Solok Kabupaten Bungo dimasa pandemi dengan pengaruh sebesar 62,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Zainuddin. Hukum Ekonomi Syariah, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Alma, Buchari. Manajemen Bisnis Syariah, Cet. 1, Bandung: Alfabeta, 2009.

Badroen, Faesal. Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta: Kencana.2007.

Daga, Rosnaini. Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan, Cetakan Pertama. Makassar: Global Research and Consulting Institute, 2018.

Dea Ayu Pinasti, Faura. “Analisis Dampak Pandemi Corona Virus Terhadap Tingkat Kesadaran Masyarakat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan”, vol. 2, no. 2

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Solo: PT. Tiga Serangkai, 2011

Habiburrahim, Buku Saku Pegadaian Syariah. Jakarta Timur: Kuwais, 2012.

Imam Abi Husain Muslim bin Hajjaj Al-Kusyairy An-Naisaburi, Shahih Muslim, Dar Al-Fikr, 1993, juz 2.

Indah Permata, Febby. “Pengaruh Pemberian Zakat Konsumtif Dan Produktif Oleh Baznas Kabupaten Tebo Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Masyarakat Prasejahtera Dikecamatan Tebo Tengah)” Skripsi, Program Sarjana Strata Satu IAI Yasni Bungo, 2020.

Kompas, “Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari”, https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com, diakses pada tanggal 11 Januari 2021.

Kotler, Philip dan Lane Keller, Kevin. “Manajemen Pemasaran”. Edisi Dua Belas, Jakarta: Indeks, 2007.

Maulana, Yusdi dkk, Tinjauan Nilai-Nilai Etika Pelayanan Islam Terhadap Sistem Pelayanan Pasien di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, Prosiding Keuangan dan Perbankan Syariah, Universitas Islam Bandung.

Mulyawan, Rahman. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Cetakan I. UNPAD PRESS, September 2016.

Nurdin, Ismail. Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik), Surabaya : Media Sahabat Cendekia, 2019.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2000 Tentang Perum Pegadaian, Pasal 1 Ayat 1

Rodoni, Ahmad. Lembaga Keuangan Syariah, Cet 1 Jakarta: Zikrul Hakim, 2004.

Sa’adah, Himmatus. “Pengaruh Promosi, Motivasi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Layanan Gadai Pada Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang” Skripsi, Program Sarjana Strata 1 UIN Walisongo Semarang, 2019.

Sabiq, Sayyid. Fiqh Sunnah, Jil.12, Terj Kamaludin A.Marzuki, (PT. Al-Maarif, 1997), hal. 187

Siregar, Rosnani. “Pengaruh Sistem Pelayanan dan Operasional Pegadaian Syari’ah Terhadap Jumlah Pinjaman Nasabah di Pegadaian Syari’ah Kota Padangsidimpuan” Jurnal Vol. 3, No. 1, Juni 2017.

Soemitra, Andri, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah, Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Sofyan Mulazid, Ade “Kedudukan Sistem Pegadaian Syariah” Jakarta : Prenamedia Group, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

Sugiyono, Metode Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, cv, 2011.

Suhendi, Hendi. Fiqh Muamalah, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2002.

Supriatna, Eman. “Wabah Corona Virus Disease Covid 19 dalam Pandangan Islam”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, Vol. 7 No. 6 (2020), h. 559-560.

Sutaryo, dkk, “Buku praktis penyakit virus corona 19 (covid-19)” Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Sutedi, Adrian, Hukum Gadai Syariah, Bandung: Alfabeta, 2011.

Syafi`i Antonio, Muhammad. Bank Syariah dari Teori ke Praktik, cet 1, Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

Taufiq, Mohamad. Quran In Word 1.3, http://www.geocities.com, diakses pada tanggal 9 Juni 2021.

UU Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009, Pelayanan Publik, Jakarta: Salinan Lembar Negara RI Tahun 2009, Nomor 112.

WHO, “Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus”, https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public, diakses pada tanggal 11 Januari 2021.

Widiyani, Dewi. “Pengaruh Citra Pegadaian Syariah dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Jasa Gadai Pada Pt. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Unit Aston Villa” Skripsi, Program Sarjana Strata 1 Universitas Jambi, 2020.

Yafie, dkk.“Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz CoffeeStudio Malang).”Jurnal Administrasi Bisnis 35, No. 2,(Juni 2016): 14, http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Published

2024-05-21

How to Cite

Wulandari, F. (2024). Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di Masa Pandemi Covid-19 pada Unit Pegadaian Syariah Kampung Solok Kabupaten Bungo. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 4(2), 97–132. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v4i2.551