Peran Minat Beli dalam Memediasi Hubungan Flash Sale dan Voucher Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace Shopee
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v6i2.657Keywords:
Flash Sale, Voucher Diskon, Minat Beli, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini berjudul "Peran Minat Beli dalam Memediasi Hubungan antara Flash Sale dan Voucher Diskon terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace Shopee" bertujuan untuk menilai sejauh mana strategi perusahaan, khususnya flash sale dan voucher diskon, mempengaruhi minat beli konsumen yang akhirnya mengarah pada keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 200 responden dipilih melalui purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash sale dan voucher diskon memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, variabel mediasi (minat beli) berperan sebagai mediator penuh dalam hubungan ini. Penelitian ini merekomendasikan agar perusahaan secara konsisten mempromosikan melalui flash sale, meningkatkan ketersediaan voucher diskon, dan memberikan informasi produk yang tepat waktu, seperti pengiriman gratis dan diskon selama promosi, untuk merangsang minat beli konsumen dan mendorong keputusan pembelian.
Downloads
References
& Anderson, R. E. Hair J. F. Black W. C. Babin B. J. Multivariate Data Analysis. 7 ed. London: Pearson Education Inc, 2010.
& Gudergan, S. P. Hair J. F. Sarstedt M. Ringle C. M., dan M. Hair J. F. Hult G. T. M. Ringle C. M. & Sarstedt. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). California: SAGE Publications, Inc, 2022. https://www.researchgate.net/publication/354331182_A_Primer_on_Partial_Least_Squares_Structural_Equation_Modeling_PLS-SEM.
Ajzen, Icek. “The Theory of Planned Behavior.” Organizational Behavior and Human Decision Processes 50, no. 2 (1991): 179–211. doi:https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.
Babin, Barry J, dan Eric G Harris. CB Consumer Behavior. 7 ed. Boston: Cengage Learning, 2016.
Belch, George, dan Michael Belch. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. 11 ed. New York: McGraw-Hill Higher Education, 2017.
Cialdini, Robert B. Influence: Science and practice. 5 ed. London: Pearson Education Inc, 2009.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Marketing Management. 15 ed. Boston: Pearson Education Limited, 2016. https://library.fbe.uii.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3913&keywords=.
Leeflang, Peter SH, Jaap E Wieringa, Tammo H A Bijmolt, dan Koen H Pauwels. Modeling Markets: Analyzing Marketing Phenomena and Improving Marketing Decision Making. New York: Springer, 2021. doi:DOI 10.1007/978-1-4939-2086-0.
Nighel, Syafna, dan Osa Omar Sharif. “Pengaruh Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif E-Commerce Shopee di Jawa Barat.” e-Proceeding of Management 9, no. 3 (2022): 1335–44. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18031.
Saputri, Respi, Asep Muhamad Ramdan, dan Nor Norisanti. “PERAN FLASH SALE DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE.” Syntax Idea 2, no. 6 (2020): 108–16. doi:https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i6.350.
Schiffman, Leon G, Leslie Lazar Kanuk, dan Joseph Wisenblit. Consumer Behavior. 10 ed. New Jersey: Prentice Hall, 2010.
Sekaran, Uma, dan Roger Bougie. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). John Wiley & Sons. 7 ed. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd, 2016. https://digilib.politeknik-pratama.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_f006f52b62a646e28c8c7870aa1112fbcd0c49ca_1650455622.pdf.
Solomon, M. R. Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. 12 ed. Boston: Pearson Education Inc, 2018.
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.
Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. Marketing Strategy. Andi Offset. Yogyakarta: Andi Ofset, 2016.
Utami, Renisa Ayu, dan Erpin Muzaka. “Pengaruh Citra Merek Dan Price Discount Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk ‘Jims Honey’ (Studi Kasus Pada Konsumen Jims Honey Di Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi).” Jurnal Administrasi Bisnis 3, no. 6 (2023): 695–701. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/article/view/3750.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan dan Manajemen Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.